Durian Matahari, Durian Khas Bogor Manisnya Legit

Durian Matahari, Durian Khas Bogor Manisnya Legit

Urbanina.com – Selama ini Desa Cimahpar diketahui mempunyai produk durian unggul yang diberi nama durian matahari. Durian yang rasanya manis ini mempunyai ciri khas daerah Bogor. Disamping rasanya yang manis, ciri khas lainnya dari durian matahari ini ialah aroma tidak demikian tajam dan dalam satu buah durian matahari terdapat 10-20 pongge dengan ciri khas buahnya berwarna hijau kekuningan. Ponge adalah rongga-rongga tempat dimana daging buah itu berada.

Durian matahari memiliki bentuk panjang, warnanya hijau kecoklatan, dan tebalnya antara 0,5 – 1 mm. Selain itu mempunyai duri besar yang runcing, namun jarang dan agak bengkok pada bagian kulit buahnya. Ciri-ciri durian matahari yang lainnya diantaranya adalah buahnya tebal, daging buahnya berwarna kuning cerah,  tidak berair, mengandung lemak, bertekstur halus, dan berat per buahnya antara 2-3,5 kg.

Durian Matahari Durian Khas Bogor

Tanaman durian matahari ini bisa hidup sampai ketinggian 20 meter dengan tajuknya yang berukuran lebar sampai 16 meter. Pada tiap-tiap tandannya akan mengeluarkan buah kira-kira 1-2 buah. Luar biasanya lagi, pada tanaman durian yang sudah berusia 20 tahun bisa menghasilkan 50 hingga 200 buah durian dalam tiap-tiap tahunnya.

Durian matahari hidup dengan optimal di daerah berdataran rendah dengan ketinggian kira-kira 800 meter di atas permukaan laut dengan suhunya 20 – 30oC. Keadaan tanah tempat dimana durian ini hidup sebaiknya adalah tanah yang subur, gembur, dan tanah lapisan bawahnya tidak berisi tanah liat yang memiliki sifat kedap air hingga kedalaman 3 meter. Pastinya dengan pemeliharaan yang rutin seperti pemupukan dan penyiraman secara teratur sesuai anjuran akan memproduksi buah yang bermutu dan panen yang optimal.

Desa Cimahpar di kawasan Cimanggu, Bogor (Jawa Barat) yang memiliki iklim basah dengan curah hujannya yang tinggi sekali sudah menciptakan karakteristik yang khas pada durian matahari ini, yaitu tahan pada penyakit busuk akar (Fusorium sp) dan hama penggerek buah (Tirathoba sp). Kecuali itu, bila tinggi tanaman durian yang merupakan jenis unggul durian asli Indonesia ini mencapai 1 meter maka percabangannya mulai rimbun/rapat. Dalam 1 tahun terdapat 2 musim panen durian dan September merupakan musim kedua panen buah durian ini.

Seolah tidak habis dimakan zaman, buah durian yang menjadi salah satu buah ciri khas dari negara Indonesia ini memang selalu diserbu oleh para pemburunya. Bermacam-macam varietas buah durian Indonesia ini seharusnya menjadikan kita bangga terhadap hal tersebut, terlebih peluang usaha durian amatlah baik.

Dengan pengelolaan budidaya durian yang tepat, baik dan benar serta dijalankan dengan cara profesional, tentu saja durian lokal seperti durian matahari ini sanggup mendominasi pasar durian. Durian lokal benar-benar memiliki kelebihan tersendiri spesialnya masalah cita rasanya yang unik/khas. Walaupun saat ini sangat banyak durian impor yang dijual di toko buah/swalayan-swalayan, tetapi durian lokal tidak sedikir mempunyai penggemarnya tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *