Durian Duri Hitam Rasa Manisnya Pecah di Mulut

Durian Duri Hitam Rasa Manisnya Pecah di Mulut

Urbanina.com – Buah durian sudah diberi gelar king of fruits sebab mempunyai cita rasa dan aroma yang sangat khas ketimbang jenis buah lainnya. Maka tidak heran bila tidak sedikit orang menggemari jenis buah berduri ini. Saat ini banyak varian durian hadir di tengah-tengah kita, baik durian lokal maupun durian impor yang terkenal kelezatannya dan menggoyang lidah. Para pecinta durian tentunya sudah tak asing lagi dengan durian duri hitam (black thorn), jenis durian impor yang datang dari negeri jiran, Malaysia.

Selama ini Malaysia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil buah dari rekayasa perkawinan silang yang mengutamakan rasa. Rasanya yang enak sekali menjadi salah satu dalih para pecinta durian penasaran ingin mencoba menikmati durian duri hitam ini. Masih minimnya durian ini di pasaran menjadikan kaum pecinta durian makin penasaran pada rasanya yang demikian istimewa.

Durian Duri Hitam Rasa Manisnya Pecah di Mulut []

Sesuai dengan namanya, durian duri hitam dicirikan dengan ujung duri pada kulit buahnya memiliki warna hitam. Demikian banyaknya pecinta durian ini membuatnya banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Alhasil untuk saat ini telah tidak demikian sulit untuk menemukan jenis durian ini lantaran di Indonesia pun telah demikian banyak yang memasarkannya dalam bentuk bibit tanaman dan buahnya.

Sementara itu perbedaan antara durian duri hitam dengan jenis durian yang lainnya, diantaranya adalah:

Warna duri

Bila durian biasanya mempunyai duri dengan warna hijau kecokelatan, lain halnya dengan durian ini, mirip seperti namanya, durian duri hitam mempunyai warna duri yang hitam dan tidak demikian tajam.

Rasa

Dari sisi rasa, durian yang memiliki duri hitam ini mempunyai cita rasa yang enak dan malahan mengungguli kelezatan dari durian musang king. Rasanya demikian manis, legit, dan serasa melekat di mulut saat menyantapnya. Di sela-sela rasa manisnya itu durian ini pun mempunyai rasa agak pahit di setiap gigitannya. Tetapi tetap akan terkalahkan dengan rasa manisnya yang demikian lengket di lidah.

Daging

Durian ini mempunyai daging bertekstur lembut seperti halnya cream. Durian berkualitas dari Malaysia ini memang mempunyai ukuran biji yang tidak begitu kecil, tetapi durian ini  mempunyai daging yang lumayan tebal dan jumlah pongge-nya yang relatif banyak dalam masing-masing ruasnya ketimbang jenis durian kebanyakan.

Apabila Anda hendak membudidayakan tanaman durian ini di kebun atau halaman rumah Anda, sebaiknya pilh dengan teliti  bibit durian duri hitam yang akan Anda tanam tersebut. Pastikanlah bibit itu merupakan  bibit yang bermutu tinggi. Pasalnya tanaman yang bagus dan kuat bermula dari benih yang benar-benar bagus pula. Dengan demikian buah yang dihasilkannya jua akan maksimal dan rasanya pun lebih manis. Pastikanlah bibit yang dipilih mempunyai akar yang kuat supaya ketika ditanam tidak akan cepat mati. Ketika menanamnya pastikan disemainya dari bibit yang sehat bebas hama dan penyakit tanaman karena tanaman sangat pekan. Tidak boleh memilih bibit yang batangnya bengkok sebab hal itu akan menyebabkan tanaman yang ditanam kelak tumbuhnya bengkok sehingga terkesan jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *