Durian D24, Durian Unggulan, Rasanya Lezat Menggoda

Durian D24, Durian Unggulan, Rasanya Lezat Menggoda

Urbanina.com – Durian adalah salah satu buah eksotik yang gampang ditemukan di Asia Tenggara. Tidak cuma durian Indonesia dan Thailand saja yang terkenal, tetapi ada pula durian unggulan yang berasal dari Malaysia dengan citarasa enak. Salah satunya adalah durian D24. Di Malaysia memang sebagian besar durian diberi nama dengan penomoran yang tercatat dengan resmi untuk membedakan jenis dan karakter antara jenis durian yang satu dengan lainnya. Ada kira-kira 200 klon durian sudah diregistrasi Departemen Pertanian Malaysia dari mulai tahun 1934.

Durian D24 atau yang lebih dikenal dengan julukan Durian Sultan ini adalah varietas durian unggulan asal dari Negeri Jiran (Malaysia). Tanaman durian D24 bisa tumbuh besar sampai meraih tinggi 5 meter. Durian D24 akan tumbuh dengan optimal di lahan berdataran rendah dengan suhu panas sekitar antara 30 – 35 derajat Celcius. Dengan penyiraman, pemupukan, penyiangan yang rutin serta pengendalian hama dan penyakit dengan tepat maka tanaman durian D24 bisa mulai menghasilkan buah pada usia 3 – 5 tahun sesudah tanam.

Durian D24, Durian Unggulan, Rasanya Lezat Menggoda [ ]

Buah yang dihasilkan durian yang satu ini mempunyai ukuran jumbo, namun relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan durian musang king atau monthong dengan bentuknya yang cenderung lebih bulat. Buah Durian D24 dapat menjadi pilihan alternatif untuk memperoleh kepuasan yang maksimal dalam menyantap buah durian. Durian ini pun tepat dipakai sebagai bahan utama tempoyak.

Buah Durian D24 adalah salah satu kultivar durian yang sangat dimuliakan lantaran buah yang dihasilkannya mempunyai daging buah yang tebal berwarna kuning, bertekstur kering dan manis, meskipun ukuran buahnya yang berbentuk bulat tidak begitu besar. Durian sultan ini kerap dibicarakan dan dibanding-bandingkan dengan beberapa jenis durian favorit lainnya, misalnya durian musang king dan durian bawor.

Durian D24 adalah jenis durian unggulan yang menghasilkan rasa yang lezat, bertekstur kering, lembut, dan dagingnya tebal. Durian sultan ini asalnya memang dari Malaysia dan menjadi durian terbaik di negara asalnya itu. Tanaman durian D24 hidup subur di daerah berdataran rendah pada temperatur sekitar 30-35oC dan harus mendapatkan cukup sinar matahari. Pemanenan bisa dilakukan saat tanaman durian tersebut telah berumur 3-5 tahun sesudah tanam. Untuk memperoleh hasil yang optimal tanaman durian ini mesti dipelihara dengan baik, penyiraman dapat dilaksanakan 1 kali dalam 1 hari. Untuk pemupukan, pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK Bunga sebanyak 1 bulan 1 kali lalu dilanjutkan dengan pemberian pupuk NPK Buah pada bulan selanjutnya.

Sekedar tips. Gunakanlah media tanam berupa tanah yang gembur. Setelah itu tambahkan kompos ke dalam lubang tanam atau pot kirta-kira 1-2 kg tiap lubang. Lakukan penyiraman sebanyak sehari 1 kali dan pemupukan sebanyak satu bulan satu kali. Pemupukan dilakukan dengan cara menabur atau membenamkan pupuk NPK Buah di sekeliling media tanah tanaman. Yang tak kalah pentingnya adalah membersihkan gulma secara periodik supaya kesehatan tanaman bisa terlindung dari hama dan penyakit tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *