Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen

Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen

Urbanina.com – Ada dua cara yang umum digunakan orang untuk memasak beras merah. Namun masih sedikit yang tahu cara memasak beras ini agar enak dan pulen. Cara pertama adalah memakai teknik konvensional dengan menanaknya lalu mengukus beras berwarna merah ini. Sementara itu cara kedua yakni memasak beras merah ke dalam rice cooker. Untuk Anda yang mempunyai banyak waktu barangkali tidak ada masalah dengan cara memasak yang pertama. Tetapi, berbeda halnya dengan Anda yang repot dan ingin memasak beras ini tanpa ribet. Cara memasak beras jenis merah ini memakai rice cooker akan cocok bagi Anda ketimbang menggunakan cara konvensional.

Tidak usah khawatir beras merah yang dimasak dengan rice cooker kurang tanak dsb sebab rice cooker memang telah dirancang spesial untuk memasak beras. Apa saja beras yang dimasak, rice cooker akan menjadikan beras tersebut matang dengan optimal. Disamping itu, keunggulan memasak dengan rice cooker ialah terdapatnya wadah yang diperlengkapi pengukur berbentuk  tanda di wadah rice cooker itu. Memasak juga jadi kian mudah sebab Anda dapat langsung mengikuti petunjuk yang tertera di kemasan beras merah dan buku manual dari produsen rice cooker.

Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen

Berikut ini cara memasaknya agar enak dan pulen dengan rice cooker.

  1. Lakukan Penakaran Beras dan Air

Sebelum beras merah dimasak, takarlah terlebih dahulu. Bila Anda baru memasak beras ini untuk yang pertama kalinya menggunakan rice cooker, sebaiknya memasak satu cangkir saja. Gunakan cangkir yang telah disediakan pada rice cooker yang dibeli. Bila ukuran beras merah pas satu cangkir, sediakanlah air untuk memasaknya sebanyak 1¾ cangkir dengan cangkir yang sama. Sisakan air buat nanti memasak berasnya.

  1. Cuci Sebelum Dimasak

Mencuci beras merah dengan air bersih sebelum dimasak akan mempertahankan mutu beras yang dimasak. Cucilah beras merah dengan cara mengaduk-aduknya bersama air memakai tangan, lalu air cucian beras dibuang. Ulangi sampai beras merah benar-benar bersih dan airnya jernih.

  1. Masukkan Air ke dalam Wadah Rice Cooker

Anda dapat memasukkan air yang telah disisakan (1¾ cangkir) ke dalam rice cooker sesudah berasnya dicuci bersih. Tekstur beras merah yang diinginkan bisa disesuaikan dengan banyaknya air. Bila Anda ingin nasinya lebih lengket, maka airnya harus ditambah menjadi dua cangkir.

  1. Masak Hingga Matang

Setelah menambahkan air ke dalam wadah rice cooker, tutuplah rice cooker tersebut. Kemudian rice cooker dinyalakan dengan menekan tombol cook untuk mulai memasak. Rice cooker pun akan segera bekerja dan Anda cuma tinggal menunggu tombol rice cooker berubah status ke warm. Umumnya kesalahan yang kerap dilakukan saat tombol berganti dari “cook” menjadi “warm” yaitu orang langsung membuka rice cookernya. Padahal tunggu kira-kira sepuluh menit sesudah tombol berubah ke “warm”. Setelah itu Anda baru dapat membuka rice cooker dan menghidangkan nasi merah hangat untuk menu makan Anda beserta keluarga.

Nah, demikianlah cara memasak beras merah agar enak dan pulen dengan rice cooker. Kini telah waktunya Anda plus keluarga di rumah mengkonsumsi beras ini, khususnya yang organik. Beras jenis ini banyak mengandung mineral, vitamin dan nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan. Ayo konsumsilah beras merah mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *