Botol Aqua Sayur dan Cara Membuatnya

Botol Aqua Sayur dan Cara Membuatnya

Urbanina.com – Sampah botol plastik yang berasal dari botol minuman air mineral aqua dapat menjadi masalah bila dibuang secara sembarangan. Sebenarnya sampah botol aqua ini dapat digunakan sebagai media untuk menanam sayuran. Ada begitu banyak cara untuk memanfaatkan sampah botol aqua, salah satunya adalah botol aqua sayur ini. Ini hanya sekedar istilah untuk sebuah upaya pemanfaatan botol aqua menjadi media tanam yang  dapat menghasilkan atau panen sayuran.

Botol aqua adalah salah satu benda yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Botol aqua ini bisa kita manfaatkan untuk menanam tanaman sayuran. Membuat botol aqua sayur dengan sistem hidroponik tidaklah sulit. Selain alat-alat dan bahannya mudah didapat juga biaya yang harus dikeluarkan pun relatif murah.

Botol Aqua Sayur dan Cara Membuatnya

Berikut adalah alat-alat dan bahan yang harus disediakan :

  • Botol aqua plastik berukuran sekitar 1,5 liter
  • Cutter atau alat pemotong
  • Benih/bibit tanaman
  • Tanah
  • Air
  • Pupuk

Alat-alat dan bahan di atas bahkan dapat Anda temui di sekitar rumah dan tidak perlu menyediakan anggaran khusus untuk memulainya.

Botol aqua bekas akan berperan sebagai pot yang dipergunakan sebagai sarana tempat tumbuhnya tanaman. Dipilihnya botol aqua sebab bentuknya menguntunggkan dikarenakan bisa menyimpan cadangan air dalam jumlah yang cukup sehingga tidak perlu setiap hari menyiramnya.

Tanah yang dipergunakan merupakan tanah dengan tingkat kepadatan yang rendah supaya akar tanaman bisa tumbuh dengan optimal. Lubang yang terdapat pada botol aqua pertama memiliki fungsi supaya tanah memperoleh suplai udara walaupun tidak demikian banyak.

Media tanam yang memanfaatkan botol aqua bekas membutuhkan perawatan yang relatif mudah. Dalam 1 – 1,5 bulan sekali tanah yang berada di dalam botol aqua sebaiknya digemburkan ulang dan ditambah dengan arang sebagai sumber karbon untuk tanaman. Perhatikan air yang berada di bagian bawah botol jangan sampai kering supaya tanaman tidak mengalami kekeringan.

Jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam botol aqua sayur terntu saja terbatas mengingat ukuran media tanam tersebut memang tidak besar. Tanaman yang dipilih untuk ditanam di sini sebaiknya adalah tanaman sayuran berusia pendek dengan batangnya tidak terlalu kasar dan kaku seperti sawi, tomaat, terong, kangkung, cabai, dan bayam.

Dalam setiap menanam tanaman tentu saja diperlukan perawatan supaya tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Perawatan tanaman dalam botol aqua sayur ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara menambahkan air yang sudah diberi sedikit pupuk. Tidak boleh memakai pupuk NPK, TSP dan urea sebab menakar dosis dan takaran dari pupuk tersebut sulit sekali untuk para pemula, sebaiknya pergunakan pupuk alami seperti arang dan pupuk kompos. Tetapi pemberian arang dan pupuk kompos mesti diberikan pada waktu tanah dimasukkan ke dalam botol. Pemupukan hanya dilakukan 1 bulan 1 kali, yaitu ketika tanah dilakukan penggemburan ulang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *