Alpukat Tanpa Biji, Buah Spesial yang Mahal dari Spanyol

Urbanina.com – Betapa enaknya jika buah alpukat tidak memiliki biji besar atau bahkan tanpa biji. Selama ini kita telah familier dengan buah jambu tanpa biji ataupun semangka tanpa biji. Khayalan ini sekarang telah menjadi kenyataan. Pasalnya saat ini alpukat tanpa biji memang ada. Alpukat ini berasal dari  Spanyol dan diberi nama cocktail avocados.

Alpukat yang tak mempunyai biji sama sekali ini mempunyai ukuran lebih ramping dan lebih kecil dengan panjang kira-kira 2-3 inci atau setara 7,5 cm. Sepintas penampilannya seperti mentimun sebab kulitnya berwarna hijau tua dan bentuknya  memanjang. Bicara rasa, ‘cocktail avocados‘ rasanya lembut dan creamy seperti alpukat biasa. Alpukat koktail mempunyai warna yang lebih pucat daripada alpukat biasa. Menariknya lagi, kulit alpukat ini pun dapat dimakan sehingga dapat menjadi alternatif untuk yang ingin mengkonsumsi alpukat secara praktis dan aman tanpa risiko terluka karena memotongnya.

Alpukat Tanpa Biji, Buah Spesial yang Mahal dari Spanyol []

Cocktail avocados dipasarkan di jaringan supermarket dan department store terkemuka di Inggris, yakni Marks & Spencer. Alpukat ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Enak dibuat jadi semacam camilan ataupun bekal untuk makan siang. Cocktail avocados pula dapat dimanfaatkan untuk garnish yang cantik dan isian salad.  Dalam mengolahnya alpukat ini lebih dianjurkan untuk digoreng. Cocktail avocados dibanderol dengan harga 2 euro atau setara Rp 31.000 per kemasan.

Buah alpukat tanpa biji ini diproduksi dari bunga alpukat yang tak menjalani penyerbukan. Buah alpukat ini hanya ditanam di Spanyol dan cuma ada pada bulan Desember. Hanya saja memang jumlahnya amat terbatas sehingga siapa cepat, dialah yang mendapatkannya. Walaupun hanya dapat dijumpai di Spanyol dan Inggris, tetapi ternyata buah alpukat tanpa biji ini telah kerap dimanfaatkan oleh beberapa chef kaliber dunia. Buah alpukat ini pun sudah diekspor sampai ke kota Paris, Prancis.

Alpukat koktail dianggap sesuai untuk dikonsumsi utuh tidak dengan diolah terlebih dulu atau juga dapat dibuat jadi campuran bahan salad dengan irisan-irisan sayur segar yang lainnya. Pengolahannya yang gampang serta rasanya yang nikmat menjadikan siapa saja pasti tergoda dengan buah yang alpukat tanpa biji ini.

Alpukat koktail memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan alpukat biasa yang mengandung biji, dengan panjang kira-kira 5-8 cm. Buah ini bukanlah hasil dari rekayasa genetik, namun bersumber dari bunga alpukat itu sendiri yang tidak menjalani proses penyerbukan.

Proses tersebut menyebabkan buah tumbuh tidak dengan bijinya, memiliki ukuran lebih kecil, dan mempunyai bagian kulit yang dapat dikonsumsi. Daging buahnya memiliki warna hijau kekuningan pucat dan rasa buahnya sama layaknya alpukat normal dengan tekstur yang lembut dan creamy.

Tidak dipungkiri, alpukat tanpa biji ini merupakan buah yang spesial. Walau bukan buah baru, tetapi umumnya alpukat ini cuma dikirim ke restoran-restoran kelas atas di Paris dan beberapa tempat di Amerika Serikat. Jumlah buah yang dipasarkan amatlah terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *