Peluang bisnis jamur tiram  yang gurih

Peluang bisnis jamur tiram yang gurih

Peluang bisnis dunia agribisnis memang tidak ada matinya, selama manusia masih makan maka kebutuhan akan kebutuhan pangan dari hasil pertanian akan terus ada. Nah ngeri kan? masih ragu untuk terjun di dunia pertanian. Nih hari ini mimin ingin berbagi peluang tentang peluang menjanjikan budidaya jamur tiram. Jamur tiram memiliki rasa yang unik yang saya yakin setiap orang sudah biasa memasak jamur jenis ini.

budidaya jamur tiram

Jika anda berminat untuk budidaya jamur tiram ini apa saja sih yang perlu disiapkan? yang paling penting adalah kumbung jamur atau rumah yang akan digunakan untuk budidaya jamur tiram ini. Nah selanjutnya adalan baglog jamur, atau bibit jamur tiram untuk budidaya jamur tiram ini. Nah dalam kumbung jamur anda bisa menaruh rak rak bertingkat yang akan digunakan untuk menaruh bibit jamur tiram ini.

Untuk baglog ini anda bisa membuat sendiri atau anda juga bisa membeli yang sudah siap tanam, jika anda mau membeli baglog siap tanam harganya berkisar 1500- 2500 / baglog. anda tinggal hitung mau budidaya berapa baglog. Untuk berapa jumlah baglog ini tentu saja anda sesuaikan kira kira kebutuhan pasar di wilayah anda berapa. Baru ditentukan berapa jumlah baglognya. 1 baglog biasanya panen berkisar 0,6 – 1 kg jamur siap jual dengan waktu panen berkisar 40 hari.

Jika anda mau membuat baglog sendiri tentu saja anda harus menyiapkan bibit F0 nya atau bibit jamur yang akan di tanamkan di baglog jamur. Untuk bibit F0 ini harga kisaran 200 rb untuk setiap botol biasanya penjual mensyaratkan minimal beli bibit F0 ini kisaran 10 botol. Pilihan tentu ada ditangan anda, namun jika anda masih awal sebaiknya anda membeli baglog dulu saja, jika dirasa budidaya sudah berhasil anda bisa mulai belajar membuat baglog sendiri. Namun jika keuntungan sudah cukup akan lebih bijak jika anda membeli baglog siap tanam, biar berbagi rejeki,, hehe

Nah sekarang mari kita hitung hitungan ya,, jika anda mau menanam jamur tiram 2000 baglog maka anda membutuhkan modal 3000 baglog x 2500 harga baglog maka total biaya bibit adalah Rp 7.500.000,- . Standarnya setiap baglog berat kisaran 1,2 kg sedangkan saat panen biasanya berat jamur tiram panen adalah 0,6 x berat baglog maka total panen 0,6×1,2 kg x 3000 baglog = 2160 kg.

untuk baglog 3000 jamur tiram maka 40 hari kedepan anda bisa panen kisaran 2160 kg. Setiap baglog bisa bertahan kisaran 4-7x panen  atau berkisar 5 bulanan. Nah jika anda menghasilkan 2160 kg x harga jual jamur adalah 10 rb/ kg ( untuk harga jual tentu saja tergantung pasar di wilayah anda )  maka anda bisa hitung sekarang 2160 kg x Rp 10.000,- = Rp 21.600.000 ,- ini adalah omset ya.. dikurangi biaya biaya pegawai, biaya pembelian baglog, penyusutan kumbung dan biaya biaya lainnya kentungan kisaran  6 – 9 jt rupiah. Lumayan kan?

Untuk menampung 3000 baglog jamur kira kira anda membutuhkan kumbung jamur tiram dengan luasan 10×5 m dengan tinggi 5 meter. Dalam luasan ini akan dibuat 8 rak jamur tiram yang tiap rak akan buat berkisar 400 baglog. dalam 1 rak jamur tiram dibuat bertingkat yaitu 5 tingkat dengan ketinggian 2 meter.

yuk mulai budidaya jamur tiram ini? jika anda masih bingung dan butuh pelatihan budidaya jamur tiram mungkin kami bisa bantu.. silahkan tinggalkan komentar yah jika anda berminat ikut pelatihan budidaya jamur tiram ini, jika yang mau banyak akan kami adakan dalan agenda event kami..

terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *