Keripik Sayuran Organik Makin Kinclong Peluangnya

Keripik Sayuran Organik Makin Kinclong Peluangnya

Urbanina.com – Keripik kerap disamakan benar-benar dengan cemilan masyarakat Indonesia. Jenis cemilan ini banyak sekali, berdasarkan dari bahan baku pembuatnya. Keripik pun gampang dijumpai, mulai dari pasar tradisional sampai swalayan. Berbagai kalangan banyak mencari jajanan keripik. Akhir-akhir ini sudah muncul varian keripik bernama keripik sayuran organik yang diklaim sebagai cemilan sehat.

Walau begitu, keripik sayuran organik belum mendapatkan gelar sebagai makanan yang sehat. Hadirnya berbagai produk keripik sayuran organik yang dibuat pabrikan tidak menjamin makanan tersebut sehat sebab  masih terdapat bahan pengawet yang terisi dalam produk makanan itu.

Keripik Sayuran Organik Makin Kinclong Peluangnya [ ]

Untuk itu Anda jangan sembarangan menggunakan bahan bakunya. Sebaiknya mengambil langsung sayuran tersebut dari beberapa pasar atau petani sehingga Anda bisa langsung memilih sayuran mana yang segar dan mana yang tidak segar.

Selain itu, alangkah baiknya Anda pun membuat beberapa variasi keripik sayuran organik yang berbeda dalam tiap-tiap kemasan produknya. Variasi sayuran ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bila salah satu dari bahan baku tersebut tidak ada di pasaran.

Dalam produk keripik sayur organik misalnya, ada wortel, timun, ubi ungu, ubi, dan buncis. Akan tetapi bila salah satu dari bahan baku itu  tidak ada di pasaran dapat diganti dengan bahan baku yang lainnya, seperti labu.

Disamping bahan baku, perhatikan juga kandungan pada produk tersebut. Keripik sayuran organik tidak boleh memiliki kandungan bahan perasa buatan yang berisiko bagi tubuh seperti monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan vetsin. Monosodium glutamat adalah bahan perasa sintetis yang biasa digunakan dalam berbagai produk makanan ringan (snack).

Mutu produk makanan seperti sayur kering berhubungan erat dengan kesegaran bahan baku. Hal tersebut sebab tidak tersedianya kandungan tambahan semisal garam dan gula. Produk makanan seperti keripik sayuran organik diklaim oleh para pembuatnya tanpa kandungan  bahan perasa sehingga rasa dan aroma bahan baku dijadikan kekuatan utama dari produk makanan itu.

Lain masalahnya bila produk makanan itu dicampuri dengan bahan tambahan seperti garam atau gula, rasa bahan tambahan itu cukup dominan ketimbang rasa sayurnya yang dijadikan sebagai bahan bakunya.

Kandungan gizi pada sayuran biasanya  didominasi oleh gula dan serat. Kedua kandungan itu sulit hilang bila dikeringkan. Tetapi, proses pengeringan malah akan menurunkan kadar aroma dan vitamin sayuran itu. Oleh sebab itu, pengeringan sebaiknya dilakukan pada temperatur yang suhunya rendah.

Vacuum fryer adalah mesin penggoreng makanan yang dapat mengeringkan makanan pada kondisi suhu yang relatif rendah, kira-kira 50 sampai 70 derajat Celcius. Dengan mempergunakan suhu yang rendah, alat ini benar-benar dirancang untuk mencegah berubahnya atau kerusakan pada bahan baku makanan tersebut. Alhasil tidak menghilangkan kadar gizinya. Barangkali memang menurun kandungan gizinya, tetapi tidak hilang. Dengan menggunakan vacuum fryer saat memproduksi keripik sayuran organik, produk ini akan sehat dan aman untuk disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *