3  Ide bisnis memanfaatkan lahan sempit

3 Ide bisnis memanfaatkan lahan sempit

Urbanina.com – 3  Ide bisnis memanfaatkan lahan sempit, Nah jika bapak ibu mas mbak mau memulai usaha di bidang tani maupun ternak atau bisnis agribisnis namun terekendala lahan. Tenang saja kali ini kami mau membagi tips dan ide untuk memanfaatkan lahan sempit anda menjadi duit. Masa bisa sih? bisa aja, apa sih yang gak bisa dilakukan? Asal kita ada kemauan pasti ada jalan , betul?? hehe malah jadi inspirator

Oke mari kita lanjutkan, Sebenarnya ada banyak sekali ide di bidang pertanian dan juga peternakan meskipun di lahan sempit sekalipun. dibawah ini akan saya uraikan 3 saja ya, nanti dilanjutkan pada artikel berikutnya untuk ide yang lainnya :

cabai-unik-kecik

  1. Bisnis benih cabai unik

Sebelumnya kami pernah posting tentang tokoh inspirasi pemilik dedy ranch village, jika anda belum pernah baca anda bisa baca klik disini. Nah sudah dibaca? sudah tahu maksut saya?

iya bisnis cabai unik ini tentu saja tidak membutuhkan lahan besar, namun jika usaha anda berkembang tentu bisa saja anda membutuhkan lahan besar. Namun semua bisa dimulai dari yang kecil kan, kalo usaha atau bisnis sudah jalan punya dana anda bisa ngapaian aja. Misal beli tanah untuk meluaskan lahan pertanian yang semula hanya di depan rumah. Anda bisa mulai menanam beberapa jenis cabai unik dengan pot polibag atau dengan sistem hidroponik. Untuk cabai benih F2 masih bagus untuk ditanam lagi. jadi tentu saja ini jadi peluang bagi anda yang ingin memulai bisnis pertanian dengan lahan sempit. tipsnya adalah cari benih cabai yang bagus dan unik.

2. bisnis sayuran segar kale

anda bisa meanfaatkan lahan sempit anda menjadi kebun hidroponik maupun kebun akuaponik. Dari talang talang disusun bertingkat anda bisa panen sayuran yang tentu saja bisa dijual. Pilih jenis sayuran yang bernilai jual tinggi. Misalnya kale, harga kale di supermarket per 250 gr berkisar 20-45 rb. Nah jika anda punya lahan 2×4 meter aja anda bisa menanam 1 jenis sayuran kale sebanyak 350 lubang tanam. Jika kale dipanen baby dan panen per kg isi 10 tanaman maka ketika panen anda akan mendapatkan 35 kg kale segar. Artinya jika dijual per kg aja 50 rb maka anda akan terima uang 1750 rb.. Lumayan kan.. jika anda mau lebih banyak anda tinggal cari lokasi yang lebih luaskan..

tentu saja lahan sempit diawal bisa disiasati, ada banyak lahan sempit di perkotaan yang nganggur, dari pada nganggur saya kira jika pemiliknya diajak kerjasama dan dapat duit pasti mau.

3. Koperasi sayuran

Iya jika anda tinggal di komplek dengan junlah rumah tangga di komplek itu banyak , maka ini bisa jadi peluang empuk kan. bentuk semcaam koperasi tanam sayuran ketika panen jual ke anggota. Anggota tanam, anggota beli dan anggota juga untung.

Nah diatas hanya 3 ide yang bisa saya utarakan kali ini, nantikan ide ide bisnis lainnya di bidang agribisnis yang akan terus kami update di web ini.

jika bermanfaat silahkan bantu SHARE ya..

terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *