Tips Cara Menanam Kemangi Dengan Hidroponik

Urbanina.com – Kemangi adalah salah satu jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Kemangi yang banyak dibudidayakan adalah kemangi jenis lokal yang belum diketahui varietasnya. Kemangi berpenampilan relatif rimbun. Daunnya memiliki wama hijau muda dengan bunga berwarna putih yang kurang menarik. Bila dibiarkari berbunga maka Pertumbuhan daunnya lebih sedikit dan tanamannya cenderung mudah tua dan cepat mati. Masih sedikit masyarakat yang membudidayakan kemangi dalam skala komersil, paling cuma di sebidang tanah karena nilai komersialnya memang masih rendah. Namun lain ceritanya jika ditanam secara hidroponik. Lalu cara menanam kemangi dengan hidroponik itu bagaimana?

Kemangi adalah salah satu pelengkap makanan pada umumnya masakan Nusantara, khususnya dalam lalapan. Tanaman yang dalam bahasa Latin disebut Ocimum xcitriodorum ini mempunyai aroma daun yang tersendiri dengan aroma jeruk limau yang berasal dari sitrat tinggi yang terkandung di daun dan bunganya. Barangkali karena ini pulalah mengapa kemangi dalam bahasa Inggris dijuluki lemon basil.

Tips Cara Menanam Kemangi dengan Hidroponik

Kemangi itu sendiri sesungguhnya merupakan hasil dari persilangan dua spesies basil yang berbeda yaitu Ocimum basilicum dan Ocimum americanum. Kemangi adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga satu meter. Apabila Anda tertarik ingin membudidayakan kemangi sebaiknya ketahui dulu cara menanam kemangi dengan hidroponik.

Di bawah ini urbanina bagikan tips cara menanam kemangi dengan hidroponik sebagai bahan inspirasi Anda.

Persiapan

Alat dan bahan-bahannya harus dipersiapkan dulu seperti nampan/baki, larutan nutrisi, air, media tanam berisi campuran pupuk kompos dan tanah, sumbu, alat potong/cutter, dan botol plastik bekas.

Botol plastik dipotong dengan alat pemotong menjadi 2 bagian. Upayakan bagian bawah botol lebih panjang ukurannya daripada bagian atasnya. Pada bagian bahu botol diberi lubang kecil-kecil. Pada bagian tengah tutup botol juga dilubangi dengan diameter sekitar 1cm lantas sumbu dimasukkan kedalamnya dan tutup botol dipasang kembali pada botol.

Persemaian

Campuran tanah dan pupuk kompos dituangkan di atas nampan/baki. Siram secukupnya dengan air sampai lembab media semainya kemudian biji kemangi ditaburkan di atasnya. Nampan diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari, namun terlindung dari air hujan. Benih disiram setiap hari agar tidak kering tanah komposnya, namun jangan sampai airnya tergenang supaya tidak busuk biji kemanginya.

Penanaman

Benih kemangi mulai tumbuh sesudah 1-2 minggu. Tunggu hingga tingginya mencapai sekitar 5-10 cm, kemudian benih kemangi ditanam di media hidroponik. Caranya yaitu cairan nutrisi dituangkan ke bagian bawah botol. Lalu bagian atas botol diletakkan di atasnya dengan cara terbalik hingga ujungnya yang bersumbu mengenai cairan nutrisi. Campuran pupuk kompos dan tanah diletakkan pada bagian atasnya. Selanjutnya benih kemangi yang sudah disemai ditanam di campuran kompos dan tanah tersebut dan simpan di tempat yang terkena sinar matahari.

Perawatan

Anda harus mengisi ulang cairan nutrisi di media hidroponik ketika cairan nutrisinya mulai berkurang. Bila kemangi telh tumbuh tinggi sebaiknya diberik ajir/lanjaran sebagai penopang supaya tidak roboh.

Pemanenan

Panen dapat dilakukan setelah tanaman kemangi berumur 50 hari setelah tanam dengan cara memetik daun-daun yang masih muda seperti memetik pucuk teh. Pemetikan ini akan memacu tumbuhnya cabang-cabang baru sehingga tunas yang baru pun bisa lebih banyak tumbuh untuk dipanen pada panen selanjutnya. Pada umumnya kemangi dipetik sepanjang kira-kira 15 cm. Apabila Anda ingin memasarkan kemangi sebaiknya kemangi disatukan di dalam satu ikatan kecil yang isinya 5-10 batang.

Oya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *