Mengenali Tanda-tanda Stress Pada Tanaman

Mengenali Tanda-tanda Stress Pada Tanaman

Urbanina.com – Layaknya manusia, tanamanpun bisa menderita stress terutama jika kondisi lingkungan tidak sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, tanaman juga bisa stress karena adanya racun atau hama yang mengganggu pertumbuhannya. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi pembudidaya tanaman khususnya yang menanam tumbuhan dengan metode hidroponik. Metode hidroponik sendiri adalah metode tanam yang tidak menggunakan tanah dan pemberian nutrisi serta faktor pertumbuhan diatur sedemikian rupa. Tanaman yang tumbuh dengan metode hidroponik sebaiknya mendapat perhatian yang lebih dan kenali tanda-tanda stress pada tanaman yang dapat menghambat pertumbuhannya.

stress pada tanaman

Untuk mencegah terjadinya stress pada tanaman, semua faktor pendukung pertumbuhan harus diperhatikan termasuk kebutuhan nutrisi, cahaya, air, pH, suhu dan lain sebagainya. Jika kesemua faktor tidak didapatkan secara optimal oleh tanaman maka tanaman tidak akan tumbuh dengan sempurna. Jika ditemukan tanda-tanda stress pada tanaman, sebaiknya lakukan tindakan sesegera mungkin untuk mengurangi dampak negatifnya.

Apa itu stress pada tanaman?

Stress pada tanaman adalah suatu kondisi pada tanaman yang hanya tumbuh dan menggunakan energy atau nutrisi hanya untuk bertahan hidup atau mengadaptasikan dirinya dengan lingkungan dimana ia tumbuh. Stress yang terjadi pada tanaman akan nampak jika tanaman terlihat lesu, tidak menghasilkan buah ataupun bunga. Hal ini disebabkan karena tanaman tidak mampu menghasilkan makanan dan melakukan fotosintesis dengan baik karena ada faktor lingkungan yang tidak mendukung.

Tanda-tanda Stress Pada Tanaman

Adapun tanda-tanda stress yang terjadi pada tanaman dapat dikenali melalui gejala berikut :

  • Ujung daun yang mengering
  • Lingkaran atau pucat pada daun
  • Daun yang lemas
  • Permukaan daun kasar
  • Tidak tumbuh bunga
  • Bercak gelap

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi stress pada tanaman?

Jika menemukan tanda-tanda di atas, jangan khawatir karena kondisi stress tersebut masih bisa ditangani dan dicegah agar tidak bertambah parah.  Berikut ini adalah cara untuk mencegah terjadinya stress pada tanaman :

  1. Jangan memotong batang tanaman dan jika menemukan daun yang mati segera potong daun tersebut tapi jangan lakukan pada batangnya.
  2. Cahaya adalah salah satu penyebab stress yang terjadi pada tanaman, hindari meletakkan tanaman ditempat yang memiliki intensitas cahaya yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Letakkan tanaman pada tempat yang mendapatkan cukup cahaya dan sesuaikan dengan kebutuhan cahaya pada tanaman.
  3. Jaga kondisi pemberian nutrisi dengan baik. Kekurangan salah satu atau beberapa unsure hara pada tanaman dapat menyebabkan tanaman stress dan hal ini dapat dicegah dengan memberikan nutrisi secara konstan.
  4. Mengatur segala faktor yang dibutuhkan tanaman dengan baik seperti kelembabab udara, suhu, pH dan lainnya. Jika pH tanaman tidak sesuai dengan pH yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman maka pH dapat disesuaikan dengan beberapa perlakuan, demikian juga suhu dan kelembaban.
  5. Lindungi tanaman dari hama, tanaman yang stress akan sangat menarik perhatian hama dan mudah terserang penyakit. Jika ada hama yang pada tanaman, segera atasi dengan menyemprotkan pestisida sesuai takaran yang sesuai pada tanaman dan perhatikan bagaimana cara mengatasi hama dengan aman.
  6. Memastikan tanaman mendapatkan cukup karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Dan menjaga kadar air yang dibutuhkan.

Selain cara-cara diatas, menambahkan suplemen berbahan organik pda tanaman juga mampu meningkatkan kemampuan tanaman untuk mengikat nutrisi yang ada pada sistem hidroponik. Dengan mencegah dan mengatasi stress yang terjadi pada tanaman maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *