Tanda Defisiensi nutrisi pada tanaman hidroponik

Urbanina.com-Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman dengan metode hidroponik adalah nutrisi. Sebagai seorang petani atau pekebun anda tentunya dapat bertindak sebagai seorang dokter bagi tanaman yang dapat mengenali tanda-tanda kelainan yang disebabkan oleh defisiensi atau keurangan nutrisi. Dalam metode hidroponik, nutrisi diberikan kepada tanaman melalui media air dan formula untuk menanam suatu tanaman haruslah tepat aagar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kenali tanda-tanda defisiensi nutrisi pada tanaman agar anda dapat segera mengatasi masalah tersebut apabila ditemukan. Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda defisiensi yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi penting

Tanda kekurangan unsur nutrisi

Nitrogen

Tanaman yang kekurangan unsur nitrogen biasanya hanya tumbuh dengan ukuran kecil dan perakaran yang besar. Daun tanaman yang kekurangan nitrogen biasanya akan tampak pucat dibandingkan dengan daun yang tumbuh normal. Warna pucat daun biasanya akan mulai muncul pada bagian ujung daun dan tanaman tumbuh dengan sangat lambat. Jika defisiensi dibiarkan berlarut-larut daun akan tetap tumbuh namun batangnya tidak akan membesar atau tumbuh tinggi selain itu tanaman juga akan lambat berbunga dan hanya menghasilkan buah berukuran kecil. Tanaman yang kekurangan nitrogen juga dilaporkan lebih rentan terhadap penyakit.

Fosfor

Fosfor adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang tanaman. Tanaman yang kekurangan fosfor biasanya akan memunculkan tanda berupa daun berwarna gelap, kusam dan bahkan tanpa warna. Batang tanaman akan tumbuh mengeras dengan sedikit percabangan dan akarnya tidak berkembang dengan baik. Tanda defisiensi fosfor pada daun biasanya akan muncul pada bagian daun paling bawah dan selanjutnya menyebar keseluruh daun yang ada pada tanaman.

Potassium

Kekurangan atau defisiensi potassium di masa awal pertumbuhan tanaman dapat mengakibatkan daun tumbuh berwarna kuning dan keriting. Selanjutnya daun baru akan gugur dan daun yang lama akan tumbuh dengan bercak dan warna yang pucat. Batang tanaman yang kekurangan potassium cenderung lunak dan tanaman mudah terserang penyakit khususnya penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Calcium

Kalsium tidak hanya diperlukan oleh manusia saja tapi siapa sangka jika kalsium juga diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Pada tanaman yang kekurangan kalsium, gejala yang akan nampak adalah akar yang tidak tumbuh dengan baik, daun dengan tepi yang mengeriting, cenderung berwarna gelap dan tidak tampak menarik.

Magnesium

Tanda-tanda atau gejala defisiensi magnesium tidak akan tampak sebelum defisiensi menjadi sangat parah.gejala yang sangat nampak pada kekurangan magnesium adalah daun yang berubah warna menjadi kuning namun pertulangan daun masih berwarna hijau.lambat laun akan muncul bercak berwarna coklat pada tanaman dan bunganya akan sangat lambat berkembang dan bahkan tanaman tidak akan berbunga sama sekali (pada tanaman yang memiliki bunga).

Besi

Zat besi tidak kalah penting perannya dalam mendukung pertumbuhan tanaman. Kekurangan zat besi pada tanaman akan menyebabkan ujung daun berubah menjadi pucat atau kekuningan. Lama kelaamaan warna kuning atau pucat tersebut akan menyebar keseluruh bagian daun kemudian daun berubah warna menjadi cokalt dan kering. Hal ini disebabkan karena zat besi diperlukan dalam membentuk zat hijau daun atau klorofil pada tanaman.

Mangan

Tanda-tanda kekurangan atau defisiensi mangan pada tanaman yang paling utama adalah bunganya yang tidak mau berkembang, pertumbuhan batang lemah, dan daunnya yang berubah warna menjadi kuning dan bebercak.

Zinc

Tanda atau gejala yang muncul pada defisiensi zinc adalah pertumbuhan yang terhenti pada tanaman. Apabila anda menemukan gejala-gejala tersebut sebaiknya perhatikan takaran pemberian nutrisi dan bila perlu tambahkan nutrisi tersebut pada air yang digunakan dalam metode hidroponik.

Sebaiknya sebelum menanam, pastikan nutrisi yang digunakan tepat ukuran dan takarannya. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *