Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Hobi Tapi Profesi

Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Hobi Tapi Profesi

Urbanina.com – Cara bertanam tanpa memakai media tanah sudah banyak disukai masyarakat. Teknik hidroponik ini merambah semua lapisan masyarakat, seperti ibu rumah tangga, pegawai, anak sekolah, pengusaha dan bahkan pejabat juga banyak yang hobi hidroponik. Ketertarikan mereka pada hidroponik ini tak lepas dari slogan hidroponik yang mengatakan kalau hidroponik adalah cara bercocok tanam yang mudah dan  murah sekaligus menyenangkan. Kini di Indonesia pun sudah mulai bermunculan para petani hidroponik yang telah sukses dengan budidaya tanamannya.

Saat ini perkembangan hidroponik di Indonesia telah memasyarakat, entah itu di pedesaan ataupun di perkotaan. Terlebih sudah banyak terbentuk komunitas hidroponik di berbagai daerah sehingga makin menyebabkan cara bertanam dengan metode hidroponik ini familiar di mata masyarakat. Adanya komunitas hidroponik ini mendatangkan dampak positif untuk kemajuan hidroponik. Kesan hidroponik yang dahulu dianggap susah kini dibabat habis dengan timbulnya ide-ide kreatif yang memudahkan dalam melakukan hidroponik. Kesan hidroponik yang dahulu mahal kini terpatahkan dengan munculnya penggunaan bahan daur ulang berharga murah yang dapat  digunakan untuk berkebun hidroponik.

Petani Hidroponik, Bukan Sekedar Hobi Tapi Profesi [ ]

Sekarang banyak hal yang memudahkan jika ingin terjun dalam usaha budidaya hidroponik. Umumnya dalam komunitas-komunitas hidroponik yang sudah terbentuk akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan metode hidroponik dari mulai kelas pemula, kelas lanjut dan kelas mahir. Dari berbagai pelatihan itu pengetahuan dan skill Anda sebagai anggota akan meningkat, dan siap beraksi. Pasalnya sekaligus dibekali staterkit berupa alat-alat dan bahan untuk memulai bertanam hidroponik.

Orang yang bertani dengan sistem hidroponik bukanlah petani biasa, tetapi petani yang sangat luar biasa. Orang-orang menyatakan petani hidroponik ialah petani berdasi.  Petani hidroponik bukanlah cuma hobi namun telah menjadi sebuah profesi. Dari hobi menjadi profesi menunjukkan kalau profesinya itu dilakukan dengan menyenangkan karena sudah menjadi hobinya sejak lama. Sayuran yang dikonsumsinya adalah hasil dari kebunnya sendiri.

Andai saja hobi bertanam di sawah seperti halnya hobi bertanam dengan sistem hidroponik, maka Indonesia pun akan menjadi makmur. Pasalnya segala lini akan berkiprah dalam bidang pertanian yang benar-benar menjadi ciri khas negara kita yakni agraris (pertanian )dan maritim (kelautan). Namun fakta yang terjadi saat ini, bahan pangan di Indonesia yang dijuluki negara agraris bahkan banyak yang diimpor dariluar negeri.

Hidroponik merupakan alternatif budidaya tanaman untuk para petani yang secara prinsip memang tidak memerlukan lahan. Hidroponik adalah solusi untuk permasalahan alih fungsi lahan subur pertanian yang sudah berubah menjadi pabrik dan perumahan. Hidroponik menghilangkan kesan kalau bertani itu mesti kotor-kootoran dan becek-becekan yang membuat banyak orang malas melakukan budidaya tanaman. Malahan profesi petani yang dinilai sebelah mata selama ini sudah bangkit dengan bermunculannya petani hidroponik.

Nah, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *