Peran Kalsium Dalam Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik

Peran Kalsium Dalam Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik

Urbanina.com -Kita sering mendengar istilah kalsium dan tentunya kita mengetahui bahwa kalsium dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kepadatan tulang sebagaimana yang sering kita saksikan pada iklan komersil di TV. Tapi tahukah anda bahwa peran kalsium tidak hanya penting dan dibutuhkan oleh manusia saja? Tumbuhanpun memerlukan kalsium. Selain itu para ahli juga berpendapat bahwa kalsium adalah salah satu unsure hara yang penting bagi tanaman dan dapat disejajarkan dengan peran nitrogen, potassium dan fosfat bagi tanaman.

peran kalsium

Peran Kalsium Bagi Tanaman

Sebagaimana disebutkan, kalsium memiliki peranan penting bagi tanaman. Tanpa kalsium pertumbuhan tanaman tidak akan optimal. Beberapa peranan penting peran kalsium dalam tubuh tanaman diantaranya sebagai berikut :

  • Menjaga struktur dinding sel agar tetap kokoh dan menjaga fungsi sel tumbuhan agar dapat berfungsi normal dan semsetinya.
  • Menghubungkan dinding sel yang satu dengan yang lain dan menjaga ikatan antar dinding sel tumbuhan tetap kokoh. Selain itu kalsium juga memfasilitasi komunikasi antar sel tumbuhan.
  • Membantu akar dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanpa adanya peran kalsium, saluran protein yang terdapat pada akar tidak akan berfungsi dengan baik untuk menyerap unsur hara atau nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang

Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa kalsium adalah salah satu faktor nutrisi penting yang harus ada dalam nutrisi yang diberikan pada tanaman terutama dalam membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik.

Tanda-tanda Defisiensi Kalsium

Beberapa kasus sering terjadi ketika tanaman mengalami defisiensi atau kekurangan asupan kalsium.  Tanda-tanda defisiensi kalsium mungkin agak sulit diamati karena tanda-tandanya hampir sama dengan gejala kekurangan atau defisiensi magnesium dan potassium. Meskipun demikian defisiensi tetap dapat dikenali lewat tanda-tanda berikut ini

  • Ujung daun yang menggelap seperti terbakar atau dikenal dengan istilah tip burn. Tanda ini biasa dikenali sebagai salah satu gejala kekurangan kalsium.
  • Batang yang tidak berdiri okoh dan cenderung lemas, hal ini dapat terjadi mengingat kalsium adalah salah satu faktor yang menjaga kokohnya dinding sel tumbuhan.
  • Tunas yang mati, ujung tumbuhan yang kekurangan kalsium biasanya akan mati karena tumbuhan tidak dapat mentransfer nutrisi dengan baik ke seluruh tubuh tanpa adanya kalsium.

Cara Mengatasi Defisiensi Kalsium

Jika anda menemukan tanda-tanda diatas pada tanaman yang anda tanam maka bisa jadi tanaman anda mengalami defisiensi kalsium. Jangan khawatir, jika gejala tersebut muncul, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan cara menambahkan suplementasi kalsium pada larutan nutrisi. Sebelum menambahkan nutrisi cek terlebih dahulu kadar kalsium yang aan diberikan pada tanaman. Rentang konsentrasi yang dianjurkan untuk memberikan suplemen kalsium adalah 120 hingga 150 ppm. Pastikan anda tidak menambahkan nutrisi kalsium secara berlebihan pada sistem karena dapat mengganggu penyerapan unsur lain seperti potassium dan magnesium.

Jika tanaman kekurangan kalsium maka anda dapat menambahkan nutrisi atau suplementasi kalsium pada larutan yang digunakan untuk mengairi atau menyiram tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik. Suplemen kalsium yang dapat digunakan antara lain senyawa kalsium klorida. Tambahkan satu sendok teh kalsium klorida pada satu gallon air dan semprotkan atau berikan pada media tanam dimana tanaman diletakkan. Perhatikan cara member suplemen yang benar dan sebaiknya jagalah selalu kondisi atau kadar semua nutrisi yang dibutuhkan tanaman dengan seimbang. Kadar nutrisi yang seimbang akan lebih memudahkan tanaman untuk tumbuh dan unsur hara yang satu tidak akan mengganngu penyerapan unsur hara yang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *