Penyebab Daun Kuning Pada Tanaman Hidroponik

Penyebab Daun Kuning Pada Tanaman Hidroponik

Urbanina.com – Tanaman hidroponik adalah tanaman yang paling disukai oleh para pekebun, baik pekebun yang hanya sekedar hobi maupun yang sudah di level petani atau produksi. Tidak heran mengapa tanaman hidroponik paling disukai oleh banyak kalangan. Pertama, tanaman hidroponik lebih mudah dirawat daripada tanaman lainnya. Orang yang sudah sibuk dengan rutinitas sehari-hari tentu tidak mau dibuat repot dengan perawatan yang bertele-tele. Sehingga, tanaman hidroponik ini banyak disukai orang-orang karena kemudahan yang ditawarkan untuk perawatan tanaman. Namun, meskipun mudah dirawat, kadang-kadang masih ada masalah tanaman yang akan dijumpai pekebun meskipun tidak terlalu sering. Salah satu masalah yang pernah kami alami adalah daun kuning pada tanaman hidroponik. Ukuran dan pertumbuhan tanaman terjadi seperti biasa, hanya saja daunnya memiliki warna tidak normal yaitu berwarna kuning. Lalu, apa solusi dari masalah tersebut?

Penyebab Daun Kuning Pada Tanaman Hidroponik

Daun kuning pada tanaman hidroponik adalah salah satu masalah yang mudah untuk diatasi. Tetapi, kalau tidak segera diatasi, juga akan berakibat tidak baik. Mata kita akan kurang semangat apabila melihat tanaman yang kita cintai menjadi berubah warna dan tampak kurang sehat. Untuk itu, kita perlu menyelesaikan masalah ini. Untuk menyelesaikan masalah daun kuning pada tanaman hidroponik, kita bisa mulai memecahkan masalah ini dengan menganalisa penyebab-penyebab yang mungkin. Ada beberapa faktor yang menyebabkan daun kuning pada tanaman hidroponik. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita akan lebihmudah menyelesaikan masalahnya. Berikut beberapa penyebab tersebut.

KEKURANGAN AIR

Penyebab yang pertama adalah karena kekurangan air. Ini merupakan penyebab yang paling mudah untuk diatasi, yaitu dengan menambah pasokan air pada tanaman. Dengan begitu, selang beberapa jam, daun pada tanaman akan kembali berwarna cerah dan tidak lagi menguning. Sebaiknya anda cek kebutuhan air sepekan sekali atau sepekan dua kali untuk menghindari kekurangan air ini. Dengan begitu, tanaman hidroponik anda akan terhindar juga dari kelainan daun menguning.

KEBANYAKAN AIR

Setelah kekurangan air menjadi penyebab daun tanaman menguning, kelebihan air pun juga menjadi penyebabnya. Apabila tanaman hidroponik anda mengalami hal ini, anda harus sebisa mungkin segera mengatasinya. Karena, kebanyakan air pada tanaman hidoroponik dapat menyebabkan tanaman perlahan-lahan mati jika tidak segera diatasi.

Untuk solusi dari masalah kebanyakan ini biasanya dengan memperbaiki sistem yang anda gunakan. Masalah ini biasanya terjadi karena kerusakan pada sistem yang anda gunakan. Misalnya, salah satu selang pipa paralon ada yang mampet, sehingga air tidak mengalir dengan baik. karena air tidak mengalir dengan baik, maka air akan menumpuk di media tanam dan akan membuat akar tanaman banjir air. Dengan akar tanaman  yang kebanjiran air, maka tanaman akan kekurangan oksigen dan menyebabkan daun menguning. Sebaiknya, anda menggunakan alat/sistem hidroponik yang sudah teruji kualitasnya sebelum membeli di toko.

KEKURANGAN SINAR MATAHARI

Penyebab yang ketiga adalah karena kekurangan sinar matahari. Saya jadi ingat pelajaran IPA ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Karena tanaman membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, maka ia membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jadi, saya paham mengapa penyebab yang ketiga adalah karena kekurangan sinar matahari.

KEKURANGAN NUTRISI

Dan, penyebab keempat mengapa daun tanaman menjadi kuning adalah karena kekurangan nutrisi. Nutrisi hidroponik dapat dikatakan sebagai pupuk tanaman atau dengan kata lain adalah makanan untuk tanaman agar bisa tumbuh maksimal. Oleh sebab itu, Sebelum anda membeli nutrisi di toko online, sebaikya tanyakan dahulu ke Customer Servicenya apakah nutrisi yang mereka jual itu sudah teruji di lab atau belum. Kalau belum, sebaiknya anda membeli dari toko online lain yang sudah teruji.

Nah, apabila anda membutuhkan nutrisi hidroponik yang sudah teruji ini, anda bisa membeli nutrisi hidroponik di kami dengan cara menghubungi Customer Service kami di 082227639118.Inshaallah akan disambut ramah dan fast response pada saat jam kerja. Terima kasih, semoga artikel hari ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *