Penyebab Daun Keriting Pada Tanaman Hidroponik

Urbanina.com – bertanam hidroponik dapat dilakukan oleh siapa saja. Hobi hidroponik ini juga banya diminati oleh mereka terutama yang tinggal di perkotaan. Mereka mulai serius belajar hidroponik karena sistem hidroponik ini memang cocok untuk dilakukan di perkotaan. Walaupun hanya memiliki lahan yang sempit atau tidak terlalu luas, mereka yang tinggal di perkotaan tetap bisa bertanam sayuran dengan sistem hidroponik ini. Namun, karena banyak yang masih pemula, terkadang mereka bingung ketika menghadapi kejadian aneh pada tanaman hidroponik yang mereka tanam. Salah satunya adalah apabila terjadi daun keriting pada tanaman hidroponik. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi tips bagaimana mengatasi tanaman hidroponik yang mengalami pengeritingan pada bagian daunnya.

Terlebih dahulu, akan kami sampaikan deskripsi yang lebih detil mengenai kondisi daun keriting pada tanaman hidroponik ini. Berikut adalah ciri-ciri daun yang mengeriting pada tanaman hidroponik.

-Bentuk daun mulai berubah tidak biasa

-Daun mengeriting

-Titik tumbuh daun lemah

-Daun mengecil dan akhirnya rontok

Pernahkah anda mendapati tanaman anda seperti diatas? Semoga tidak. Kalaupun iya, semua bisa diatasi. Anda tidak perlu cemas karena setiap masalah pada hidroponik bisa diatasi. Seperti kehidupan manusia yang penuh lika-liku, tetapi dibalik itu pasti ada solusi dan hikmahnya tersendiri. Begitu pula pada kehidupan tanaman hidroponik yang anda tanam. Pasti ada solusi yang bisa dilakukan oleh pemilik tanaman.

Baiklah, kalau ciri-ciri daun keriting diatas adalah yang menjadi permasalahan tanaman hidroponik anda, maka dapat dipastikan bahwa tanaman anda kekurangan nutrisi hidroponik yang baik. Secara ilmu nutrisi hidroponik, tanaman anda kekurangan zat atau unsur kalsium. Unsur kalsium ini merupakan salah satu unsur yang harus ada pada nutrisi hidroponik. Kalau nutrisi hidroponik anda kekurangan unsur atau zat kalsium, maka beberapa hal tersebut diatas lah yang akan terjadi pada tanaman anda.

Karena penyebab daun keriting pada tanaman hidroponik adalah pada nutrisinya, maka anda sebaiknya kembali mengecek larutan nutrisi yang anda pakai untuk bertanaman tanaman anda. Kalau sudah semua dicek dan ternyata nutrisi hidroponik yang anda gunakan memang kekurangan zat kalsium, maka sebaiknya anda membeli nutrisi yang benar-benar berkualitas dengan terdapat unsur kalsium yang sesuai didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *