Penyebab Akar Tidak Sehat Pada Hidroponik

Urbanina.com – Pada tanaman hidroponik timbulnya busuk akar seringkali menyebabkan tanaman langsung tiba-tiba layu dan mati. Peristiwa ini akan mudah menyebar ke semua tanaman dan mengakibatkan petani hidroponik kecewa. Apa sih penyebab akar tidak sehat pada hidroponik sehingga akar menjadi busuk dan lama kelamaan mati?

Busuk akar merupakan penyakit yang menyerang pada akar tanaman yang dikarenakan oleh sejenis jamur bernama phytium dan jamur ini muncul karena buruknya kualitas air. Lalu, apa sebenarnya penyebab akar tidak sehat pada hidroponik tersebut?

Penyebab Akar Tidak Sehat Pada Hidroponik

Sebelum mengetahui apa sebenarnya penyebab akar tidak sehat pada hidroponik maka sebaiknya kita runut satu per satu secara mendetil.

Tanaman yang dibudidayakan dengan cara hidroponik anat tergantung pada kondisi air. Pasalnya air  dalam sistem hidroponik in berfungsi sebagai media tumbuh untuk tanaman yang akain kita budidayakan. Bila air ini ternyata tercemar oleh penyakit seperti phytium yang membuat akar busu, maka sudah bisa dipastikan semua tanaman akan terserang akar busuk dalam waktu yang relatif cepat. Maka dari itu, kualitas air yang dipergunakan untuk mengairi tanaman hidroponik mesti sehat (baik). Dalam artian air tersebut tidak tercemar atau teracuni oleh bakteri atau jamur dari sebuah penyakit.

Umumnya para petani hidroponik menjauhi penggunaan air langsung yang berasal dari sumber terbuka, seperti waduk, danau, atau sungai sebab dikhawatirkan air tersebut sudah terkontaminasi dengan residu kimia, patogen, atau alga yang menimbulkan penyakit. Selain itu alga juga bisa menghalangi sistem penyaluran air melalui pipa.

Apabila Anda terpaksa bergantung pada sumber air alam, ada baiknya mengambil air dari sumur sehingga minimal air tersebut sudah disaring oleh lapisan tanah. Air hujan pun sebenarnya masih bisa digunakan sebab air tersebut merupakan air dari hasil distilasi oleh sinar matahari. Sumur dan air hujan yang ditampung merupakan alternatif yang ada untuk pengairan hidroponik. Biar semakin aman lagi, penyaringan dan beragam perlakuan bisa dilakukan untuk menambah mutu/kualitas air.

Penyakit yang seringkali ditemukan lantaran kualitas air yang buruk yaitu penyakit busuk akar (akar tidak sehat). Busuk akar itu sendiri dikarenakan oleh berkembangbiaknya phytium yang dipicu oleh keberadaan alga sebab kualitas air yang digunakan buruk.

Kualitas air yang buruk pun bisa mengakibatkan munculnya bermacam-macam penyakit fisiologis, misalnya saja tipburn. Penyakit ini timbul sebab tidak karuannya proporsi atau perbandingan pupuk yang dikarenakan oleh air yang memiliki kandungan sebuah unsur kimia atau hara yang terlampau tinggi.

Oleh karena itu sebelum mempergunakan air alangkah baiknya jika Anda periksa terlebih dahulu ppm air. Adapun ppm air yang pantas dipergunakan yaitu air yang di bawah 400 ppm. Apabila perlu Anda dapat membawa sampel air yang akan dipergunakan untuk kebutuhan hidroponik ke PDAM untuk diperiksa supaya Anda bisa mengetahui mutu/kualitas air yang digunakan secara terperinci.

 Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau
menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini
tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam.
Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *