Mitos dan Fakta Seputar Hidroponik

Mitos dan Fakta Seputar Hidroponik

sayuran hidroponik

Urbanina.com – Sistem hidroponik adalah salah satu metode tanam yang kini banyak digemari oleh para petani dan mereka yang hobi berkebun. Namun, tahukah anda ada beberapa mitos yang terkait dengan metode ini dan tidak banyak diketahui faktanya oleh masyarakat luas. Mitos apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ini

 

Mitos : Hidroponik adalah teknologi sistem tanam modern

 

Banyak yang beranggapan bahwa hidroponik adalah sistem atau metode tanam organik faktanya para penduduk Mesir kuno telah menikmati buah dan sayur yang mereka tanam secara hidroponik pada masa itu ribuan tahun  yang lalu. Salah satu keajaiban dunia yakni taman gantung di Babilonia juga mengadaptasi sistem ini dalam penanamannya. Hidroponik bukanlah teknologi tanam yang modern akan tetapi memang ada perbedaan cara menanam dan bahan atau alat yang digunakan pada saat itu dengan saat ini.

 

Mitos : Hidroponik adalah sistem tanam buatan

 

Faktanya tanaman hanya dapat tumbuh dengan cara alami dan bukannya dibuat-buat. Pada metode tanam hidroponik tidak ada rekayasa yang dilakukan pada tanaman seperti pada teknik mutasi atau rekayasa genetika. Pada metode hidroponik, tanaman disuplai dengan nutrisi yang telah dimurnikan sehingga sedikit berbeda dengan cara menanam dengan tanah pada umumnya. Meskipun demikian, tetap saja pada sistem hidroponik tanaman tumbuh secara alami sebagaimana biasanya.

 

Mitos ; Hidroponik tidak ramah lingkungan

 

Sistem hidroponik sering tidak dianggap ramah lingkungan karena menggunakan pupuk atau nutrisi yang telah dimurnikan dan juga pemborosan air. Faktanya sistem hidroponik adalah sistem tanam yang ramah lingkungan karena pada sistem ini tidak ada nutrisi atau pupuk yang masuk ke dalam tanah dan kemudian mencemari perairan di sekitarnya seperti danau atau sungai. Selain itu penggunaan air pada sistem ini hanya berkisar 70 hingga 90% dari total air yang digunakan dalam metode tanam konvensional.

 

Mitos : Hidroponik mahal dan hanya dapat diaplikasikan dengan teknologi canggih

 

Kita sering mendengar bahwa astronot di luar angkasa menanam tanaman dengan metode ini dan beranggapan bahwa untuk menanam dengan cara hidroponik diperlukan teknologi canggih dan peralatan yang mahal. Nyatanya meskipun hidroponik tidak menggunakan tanah, metode tanam ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin mencoba berkebun atau menanam tanaman, tentunya dengan alat dan bahan yang murah bahkan dari barang bekas. Anggapan dalam mitos ini tidak benar adanya.

 

Mitos : Hidroponik hanya dapat ditanam dalam ruangan

Tidak hanya dapat ditanam dalam ruangan, menanam tanaman dengan metode hidroponik dapat juga dilakukan diluar ruangan dengan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Hanya saja jika ditanam dalam ruangan, kadar cahaya dapat ditentukan dan dikontrol sesuai kehendak dan tidak bergantung pada musim atau cuaca.

 

Mitos : Hidroponik tidak perlu pestisida

 

Anggapan ini salah karena sebenarnya pada metode tanam hidroponik, penyakit tidak begitu saja hilang. Memang dalam menanam tanaman dengan metode hidroponik, tanaman akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tanah atau organisme di dalamnya. Meskipun demikian itu tidak berarti bahwa tanaman hidroponik bebas dari penyakit karena serangga yang ada di lingkungan sekitar juga dapat membawa penyakit atau kelainana pada tanaan sehingga mungkin pestisida masih dibutuhkan. Namun anda bisa menggunakan pestisida yang berbasis alami.

 

Mitos : Tanaman akan menghasilkan buah yang lebih besar

 

Menggunakan nutrisi dengan kadar yang tepat sesuai yang dibutuhkan tanaman membuat tanaman dapat tumbuh secara optimal pada sistem hidroponik namun tidak berarti bahwa dalam metode hidroponik akan dihasilkan buah yang berukuran lebih besar daripada sistem tanam konvensional. Ukuran dan berat buah sebenarnya diatur oleh genetik tanaman itu sendiri dan bukan karena perlakuan dalam metode hidroponik.

 

Semoga bermanfaat

Like + share ya..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *