Menyemai Benih Dengan Oasis Cubes Pada Sistem Hidroponik

Menyemai Benih Dengan Oasis Cubes Pada Sistem Hidroponik

Urbanina.com – Para penggemar hidroponik atau pembudidaya tanaman di Indonesia mungkin masih belum familiar dengan media semai  yang satu ini, karena memang media ini masih kurang popular dibandingkan media tanam buatan atau anorganik lainnya seperti rockwool. Oasis cubes adalah salah satu media semai yang biasa digunakan untuk menyemai benih dengan oasis cubes terutama di luar negri. Untuk mengenal lebih jauh tentang media semai oasis cubes, simak penjelasannya berikut.

Menyemai benih dengan oasis cubes

Apa itu Oasis cubes?

Oasis cubes adalah media semai yang terbuat dari busa fenolic atau phenolic foam atau yang juga dikenal dengan nama flower foam. Oasis cubes biasa digunakan untuk menyemai benih dengan oasis cubes pada tanaman yang digunakan dalam perangkat tanam hidroponik. Media ini diciptakan steril dan bebas hama serta siap digunakan untuk menyemai benih dengan oasis cubes tanpa harus diberi perlakuan terlebih dahulu.

Kelebihan dan kekurangan oasis cubes

Secara konvensional, benih tanaman biasanya disemai dengan menggunakan tanah dan dalam metode hidroponik, media semai yang biasa digunakan dapat berupa rockwool, cocopeat maupun media tanam lainnya. Sebagai media semai, oasis cubes yang banyak digunakan oleh pembudidaya tanaman hidroponik saat ini, menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan media semai lainnya. Kelebihan menggunakan oasis cubes sebagai media semai antara lain :

  • Mudah digunakan

Bagi para pemula yang baru memulai hobi atau membudidayakan tanaman secara hidroponik, menggunakan oasis cubes saat menyemai dapat sangat membantu. Oasis cubes tidak memerlukan banyak perlakuan sebelum digunakan untuk menyemai karena media ini sudah steril dan siap untuk digunakan kapan saja.

  • Bebas pathogen dan hama

Seperti yang disebutkan sebelumnya, oasis cubes adalah media semai yang steril, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media semai ini bebas hama dan pathogen atau bibit penyakit yang dapat menghambat proses tumbuhnya bibit dari benih yang ditanam.

  • Ekonomis

Selain steril dan mudah digunakan, media ini juga relative murah dibandingkan dengan media semai lainnya. Selain itu, oasis cubes dapat digunakan berkali-kali untuk menyemai benih dengan oasis cubes dan tidak hanya sekali pakai saja.

  • pH netral

Oasis cubes diciptakan dengan pH netral dan hal ini akan memudahkan benih tanaman untuk tumbuh karena pH yang netral dibutuhkan dalam proses pertumbuhan biji atau benih menjadi bibit kecambah.

  • Memiliki daya serap yang tinggi

Oasis cubes memiliki daya serap air yang baik dan mampu menyimpan air 30 hingga 40 kali beratnya sendiri. Hal ini tentunya akan sangat membantu benih tanaman untuk berkecambah karena biji atau benih tanaman dalam masa penyemaian harus tetap berada dalam media yang basah.

  • Mempercepat pertumbuhan bibit dan akar tanaman

Selain memiliki daya serap air yang baik, oasis cubes juga mampu menyediakan aerasi atau aliran oksigen dengan baik sehingga dapat merangsang pertumbuhan akar bibit tanaman. Tanaman yang disemai dengan menggunakan oasis cubes akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan bibit tanaman yang menggunakan media lainnya.

Disamping memiliki kelebihan-kelebihan tersebut, tentunya oasis cubes juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya tidak begitu ramah lingkungan karena media ini terbuat dari bahan yang mirip sterofoam dan melalu beberapa proses kimiawi.  Selain itu media ini tidak boleh diberikan air terlalu banyak ,mengingat daya simpan dan serap airnya cukup tinggi. Menggunakan media semai oasis cubes dapat dipertimbangkan jika anda ingin memulai menanam tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik, tapi pertimbangkan juga segala baik buruk dan faktor lain yang mendukung suatu sistem tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *