Mengenal Urban Gardening Secara Utuh

Mengenal Urban Gardening Secara Utuh

Urbanina.com РDalam bidang budidaya tanaman, ada banyak hal yang bisa diperhatikan dan metode yang digunakan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini juga membawa dampak pada perkembangan model atau metode budidaya tanaman tersebut. Berbagai macam jenis metode banyak digunakan saat ini termasuk sistem hidroponik dan pertanian organik. Selain itu, dalam penggunaan metode tersebut juga dikenal jenis kebun atau teknik budidaya tanaman misalnya indoor gardening, vertical gardening atau urban gardening.  JIka Anda sudah familiar dengan indoor gardening dan vertical gardening, maka Anda juga harus mengenal urban gardening dan bagaimana penerapannya dalam budidaya tanaman. Untuk mengetahuinya lebih lanjut simak penjelasan berikut.

mengenal urban gardening

Definisi Urban Gardening

Urban sering diartikan sebagai suatu area perkotaan, jadi urban gardening diartikan sebagai pertanian di daerah perkotaan. Meskipun demikian sebenarnya mengenal urban gardening bukanlah selalu tentang budidaya tanaman diarea perkotaan akan tetapi juga disuatu tempat yang padat penduduk dan memiliki banyak bangunan. Tidak seperti pertanian atau perkebunan pada umumnya, urban gardening lebih mengedepankan pemanfaat lahan atau area yang tidak berfungsi dan biasanya metode yang digunakan dalam urban farming lebih condong pada hidroponik karena metode tanam ini tidak membutuhkan tanah dan dapat digunakan dimana saja terutama di lahan sempit. Untuk mengenal urban gardening, saat ini urban gardening bisa dianggap sebagai salah satu alternatif budidaya tanaman yang dilakukan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat dan mendukung usaha masyarakat untuk lebih produktif dalam menghasilkan pangan yang dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya menggunakan metode hidroponik, urban gardening juga bisa dilakukan dengan teknik lainnya seperti dengan menganut sistem budidaya tanaman organik yang hanya menggunakan bahan-bahan alami untuk menumbuhkan tanaman.

Aplikasi Urban Gardening

Saat ini banyak orang telah mempraktekkan urban gardening dengan cara menanami lahan diarea rumah dengan tanaman. Urban gardening bisa dilakukan diarea halaman rumah, lahan sempit dibelakang atau samping rumah dan bahkan bisa dilakukan di atap rumah. Pada dasarnya dengan menggunakan peralatan dan perangkat tanam yang fleksibel dan efisien, siapapun bisa menanam tanaman sendiri dirumah untuk menghasilkan sayuran atau buah-buahan yang berkualitas dan setidaknya hal ini bisa membantu menghemat pengeluaran rumah tangga. Selain menghasilkan sayuran dan buah, menanam tanaman diarea rumah juga dapat membuat rumah lebih sejuk karena tanaman juga menghasilkan oksigen.

Metode Urban Gardening

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menciptakan suatu urban garden dan beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah menggunakan sistem hidroponik dimana tanaman tidak ditanam pada substrat tanah melainkan media tanam lain yang tidak mengandung unsure hara sedikitpun. Selain dengan menggunakan sistem hidroponik, urban gardening juga bisa dilakukan dengan mengaplikasikan prinsip dan metode pertanian organik. Dalam urban gardening organik, digunakan pupuk dan pestisida organik sehingga tanaman yang dihasilkan bebas bahan kimia dan lebih sehat. Tidak seperti hidroponik, sistem pertanian organik memang membutuhkan media tanam tanah tapi jika Anda tidak memiliki lahan dengan tanah yang subur maka Anda bisa menanamnya dalam polybag atau pot yang berisi tanah dan campuran pupuk kompos.

Mengenal urban gardening tentu akan lebih menyenangkan. Memang dibutuhkan modal dan waktu untuk membangun sebuah sistem budidaya tanaman dalam urban gardening tapi dengan menggunakan metode ini banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti hidup lebih sehat, pengeluaran lebih hemat, penggunaan lahan yang terbengkalai, dan membuat suasana perkotaan dan lingkungan rumah menjadi hijau. Jadi apakah Anda ingin memulainya dari sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *