Mengapa Tanaman Hidroponik Tumbuh Lebih Cepat?

Mengapa Tanaman Hidroponik Tumbuh Lebih Cepat?

Urbanina.com – Menanam tanaman dengan metode hidroponik memang memiliki daya tarik dan tantangan tersendiri. Seorang pemula yang ingin menanam atau membudidayakan tumbuhan dengan cara ini sebaiknya mengetahui dengan baik apa saja yang dibutuhkan untuk menanam tumbuhan dengan metode ini. Semua hal mengenai hidroponik termasuk ilmu dan pengetahuan di dalamnya harus diketahui dengan jelas. Mungkin para pemula atau penghobi hidroponik sudah mengetahui keuntungan atau kelebihan yang ditawarkan oleh metode hidroponik. Salah satu keuntungan menanam tanaman dengan metode ini adalah tanaman tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di tanah. Hal ini telah dibuktikan dari sekian banyak testimoni para penggemar dan pembudidaya tanaman hidroponik. Mereka menyebutkan bahwa tanaman hidroponik tumbuh 20% hingga 50% lebih cepat dibandingkan tanaman yang ditanam dengan metode konvensional atau yang ditanam di tanah.

tanaman hidroponik

Alasan tanaman hidroponik tumbuh lebih cepat

Setidaknya ada empat alasan yang dapat menjelaskan mengapa tanaman hidroponik tumbuh lebih cepat dibandingkan yang tumbuh dengan metode konvensional. Diantara alasan-alasan tersebut antara lain :

  1. Pemberian Nutrisi Yang Optimal

 

Berbeda jika ditanam dengan menggunakan metode konvensional, tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan oleh tanaman karena nutrisi pada sistem tanam hidroponik ditambahkan langsung oleh pembudidaya. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam air pada sistem hidroponik lebih mudah diserap oleh akar tanaman dan tanaman tidak menghabiskan energinya untuk memperoleh nutrisi tersebut. Hasilnya energy yang digunakan untuk mendapatkan nutrisi dapat digunakan untuk pertumbuhan yang lebih optimal.

 

  1. Media Tanam Steril dan lebih tahan hama

 

Alasan lain mengapa tanaman hidroponik tumbuh lebih cepat adalah karena media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman lebih steril dan tidak mengandung bibit penyakit ataupun hama yang biasa tinggal dalam tanah. Hal ini tentunya dapat meminimisir gangguan atau stress pada tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal. Sebelum menggunakan media hidroponik untuk menanam pastikan media telah steril karena beberapa media tanam hidroponik terutama media organic harus disterilkan terlebih dahulu.

 

  1. Faktor pertumbuhan terkontrol

 

Pada sistem hidroponik, semua faktor pendukung dapat dikendalikan dan dikontrol oleh pembudidaya termasuk faktor cahaya, suhu, pH, kelembaban dan sebagainya. Tanaman hidroponik juga mendapatkan faktor tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, tanaman dapat tumbuh lebih cepat karena semua faktor telah diatur sedemikian rupa agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal tanpa kendala apapun. Misalnya pemberian cahaya, tanaman hidroponik yang ditanam dalam ruang misalnya, dapat diberikan cahaya buatan dari lampu dan lama penyinaran tanaman disesuaikan dengan waktu penyinaran yang mereka butuhkan. Begitu juga dengan suhu dan faktor lainnya dapat disesuaikan dengan baik sesuai kebutuhan.

 

  1. Ruang tumbuh yang mencukupi

 

Tidak seperti jika ditanam pada tanah, akar tanaman hidroponik tidak perlu berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan nutrisi. Hal ini tentunya akan membuat tanaman tumbuh lebih cepat dan pembudidaya dapat menanam lebih banyak tanaman dengan interval atau jarak antar tanaman yang lebih rapat dibandingkan jika ditanam secara konvensional.

 

Meskipun demikian, beberapa faktor juga dapat mempengaruhi keberhasilan dan tingkat pertumbuhan tanaman seperti halnya metode atau model perangkat hidroponik yang digunakan. Jika sistem dibangun dengan baik dan memenuhi segala faktor yang dibutuhkan tanaman maka tanaman dapat tumbuh dengan cepat dan hasilnya akan lebih memuaskan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *