Mencegah Serangan Hama Pada Indoor Garden Hidroponik

Mencegah Serangan Hama Pada Indoor Garden Hidroponik

Urbanina.com РTidak bisa kita sangkal kebenarannya bahwa hama adalah salah satu bagian alam yang ikut serta dalam suatu sistem budidaya tanaman. Dimana ada tanaman maka disitulah hama akan muncul. Berbicara mengenai serangan hama, pada dasarnya hama adalah hewan baik serangga maupun  organisme lain seperti jamur adalah organisme yang mengambil dan mendapatkan dari tanaman inangnya. Keberadaan hama ini seringkali mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta merusak tanaman itu sendiri dan menyebabkan gagal panen sehingga perlu dikendalikan dan dicegah keberadaannya.

serangan hama

Terkadang, meskipun kita sudah mengatur segala perangkat dan faktor yang mempengarugi pertumbuhan tanaman dengan baik, ada saja hama yang masuk dalam perangkat hidroponik yang diletakkan dalam ruangan atau indoor garden. Sebuah pkiran yang keliru jika menganggap kebun hidroponik dalam ruangan atau indoor garden adalah sistem yang bebas hama, faktanya indoor garden tetap bisa terserang hama yang bisa merusak tanaman. Salah satu permulaan untuk mencegah keberadaan hama dalam indoor garden adalah dengan menggunakan tanaman dari hasil penyemaian. Bibit tanaman yang dibawa atau dibeli dari luar bisa jadi sudah membawa bibit hama yang didapat dari tanah atau media tanam yang digunakan sebelumnya atau berasal dari tanaman itu sendiri.

5 Cara Mencegah Hama Dalam Indoor Garden

Untuk mencegah serangan hama dalam indoor garden ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah

  1. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa menanam tanaman yang disemai sendiri sebelumnya dapat membantu mengurangi hama yang masuk dalam sistem tanam kebun dalam ruangan. Hal ini akan meminimalisir hama yang masuk dari luar rungan yang dibawa oleh bibit tanaman yang sudah terkontaminasi hama diluar sana.
  2. Monitoring kebun atau pengecekan kebun setiap hari bisa membantu mencegah serangan hama yang intens. Jika dicek setiap hari, gangguan atau bibit hama yang menyerang tanaman bisa dengan cepat diketahui dan dibasmi sebelum merusak tanaman lebih parah.
  3. Gunakan hanya media, wadah tanam, dan perangkat sistem hidroponik yang steril. Hal ini akan mencegah perkembangbiakan beberapa jenis hama seperti serangga dan jenis hama lainnya. Sebelum media tanam digunakan, pastikan media telah steril dan jika belum maka lakukan proses sterilisasi terlebih dahulu begitu juga dengan perangkat lainnya.
  4. Rawat tanaman dengan baik dan buang daun yang mati dengan segera. Jika menemukan tanaman yang terinfeksi, segera isolasi tanaman dan jauhkan dari tanaman yang sehat.
  5. Jagalah kadar nutrisi, aliran udara dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan lainnya dengan baik. Suatu sistem hidroponik yang terkontrol dan seimbang bisa meminimalisir hama yang masuk ke dalam kebun.

3 Cara Mengatasi Serangan Hama

Beberapa jenis serangga yang mungkin menyerang tanaman dalam indoor garden anda dan perlu diketahui keberadaannya antara lain lalat putih, kutu daun, kutu putih, teritip dan tungau. Jika serangga tersebut berhasil menginfeksi tanaman, ada beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain

  1. Gunakan Neem oil atau Minyak semambu untuk membunuh serangga dan mencegahnya bertelur.
  2. Sebarkan biopestisida atau organisme yang bisa mengatasi masalah hama dengan memangsa hama tersebut misalnya serangga ladybug atau kepik yang bisa memangsa dan mengusir kutu daun atau aphids.
  3. Gunakan spray pestisida organik. Sebaiknya hindari penggunaan pestisida berbahan kimia dan jika anda menemukan serangan serangga pada tanaman gunakan pestisida organik yang bisa anda beli ditoko pertanian maupun anda buat sendiri.

Demikian cara mencegah dan mengatasi serangan hama pada tanaman. Apa anda punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah hama pada tanaman anda? Jika tidak, cobalah tips diatas. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *