Menanam Kentang Hidroponik Secara Sederhana

Urbanina.com – Kentang atau dalam dunia tumbuh-dumbuhan disebut Solanum tuberosum L adalah sayuran dari umbi-umbian yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Saat ini budidaya kentang tidak cuma bisa dilakukan di lahan luas saja, tetapi menanam kentang dengan cara teknik hidroponik bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda yang memiliki lahan yang minim. Hanya saja cara menanam kentang hidroponik belum semua orang mengetahuinya.

Kentang banyak digemari orang sebab mempunyai rasa yang lezat dan sebagai sumber karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Malahan di Amerika Selatan, negara tempat dimana kentang berasal, kentang sudah menjadi makanan utama yang dimakan sehari-hari. Sementara itu di Indonesia kentang kerap ditemukan dalam beragam bentuk olahan makanan, seperti perkedel, sup kentang, keripik kentang, kentang rebus, kentang goreng, dlsb. Walaupun demikian, kentang ini tidak memiliki banyak kalori di dalamnya sehingga tidak akan mengakibatkan kegemukan (obesitas). Oleh karena itu, kentang sering dimanfaatkan sebagai menu utama makanan diet sehat bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Menanam Kentang Hidroponik [ ]

Apabila Anda ingin menanam kentang hidroponik secara sederhana, maka Anda mesti menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan, antara lain tusuk gigi (lidi), gelas kaca (wadah lain), cairan nutrisi, dan umbi kentang. Anda dapat mempergunakan nutrisi AB Mix buat menutrisi kentang hidroponik tersebut. Nutrisi AB Mix dapat dibeli di toko-toko pertanian di kota Anda, tetapi sebenarnya Anda pun dapat membuat sendiri dengan bahan-bahan yang harganya terbilang murah.

Setelah bahan-bahan yang diperlukan siap, Anda dapat menanam kentang hidroponik secara sederhana di rumah dengan langkah berikut:

  • Umbi kentang dicuci dengan air sampai bersih.
  • Tancapkan tusuk gigi atau lidi pada sisi-sisi umbi kentang yang utuh. Atau Anda dapat membaginya jadi dua bagian supaya kentang tidak tenggelam ke dalam air karena tertahan oleh tusuk gigi atau lidi.
  • Gelas kaca atau wadah yang sudah disiapkan diisi dengan cairan nutrisi yang sudah dipersiapkan juga.
  • Kemudian umbi dimasukkan pada wadah itu dengan posisi 1/2 umbi terendam dalam air dan sisanya di atas bersama tusuk gigi yang menahannya sebab letaknya yang merambat keluar wadah.
  • Setengah umbinya dibentangkan pada air dalam wadah dan setengahnya lagi dibiarkan di luar wadah dan disangga oleh tusuk gigi.
  • Umbi kentang dapat juga dibagi menjadi dua bagian.
  • Anda dapat mempergunakan umbi kentang utuh atau membagi umbinya jadi dua bagian.
  • Paling akhir, wadah yang isinya umbi diletakkan di tempat yang letaknya dapat terkena sinar matahari guna merangsang pertumbuhan batang dan daun pada umbi.
  • Guna memperoleh hasil optimal, wadah kentang hidroponik diletakkan di tempat yang bisa terkena oleh sinar matahari, seperti di sisi jendela atau teras.

Nah, demikianlah cara menanam kentang hidroponik secara sederhana di rumah. Selamat berkebun dan semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE