Menanam Kembali Sisa Sayuran Yang Tak Terpakai

Menanam Kembali Sisa Sayuran Yang Tak Terpakai

Urbanina.com РApakah Anda adalah salah satu orang yang peduli dengan kelestarian lingkungan dan suka menghemat pengeluaran rumah tangga? Jika iya maka tidak ada salahnya Anda mengikuti tren hidup sehat ang satu ini yakni menanam kembali sayuran sisa atau sayuran yang tidak terpakai.  Menanam kembali sayuran sisa atau yang dikenal dengan istilah Regrow adalah salah stau cara untuk menanam tanaman dengan menggunakan bagian sayuran yang tak terpakai lagi dan bisanya akan langsung dibuang ke tempat sampah. Tahukah Anda bahwa bagian sayuran yang Anda buang tersebut masih bisa digunakan? Berbagai manfaat bisa didapat dengan menanam kembali sayuran sisa, diantaranya adalah mengurangi sampah rumah tangga, menghemat pengeluaran, menjaga ketersediaan pangan, memotivasi untuk menjadi lebih produktif dan lain sebagainya.

menanam kembali

Jenis Sayuran Yang Bisa Tumbuh Kembali

Ada banyak jenis sayuran dan buah yang bisa ditanam kembali setelah dipotong atau saat sudah tidak terpakai lagi. Beberapa diantara sayuran tersebut antara lain seledri, basil, kubis, bokcoy, bawang, wortel dan lain sebagainya. Berbagai sayuran tersebut dapat tumbuh dengan mudah dari sisa-sisa bagiannya yang tidak terpakai lagi. Sayuran-sayuran tersebut dapat ditanam dalam sebuah wadah yang hanya diisi media tanam dan dibiarkan tumbuh dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus. Bahkan beberapa orang akan terkejut karena sayuran-sayuran tersebut dapat tumbuh kembali dan hal tersebut tentu saja bisa menghemat pengeluaran. Tidak hanya sayuran saja, beberapa jenis buah seperti nanas dan alpukat juga bisa ditumbuhkan dari bagian yang sudah dak berguna atau tidak dikonsumsi.

Media Tanam Yang Sesuai

Untuk menumbuhkan kembali beberapa jenis sayuran, Anda hanya memerlukan beberapa jenis media tanam. Media tanam tersebut nantinya akan diletakkan dalam sebuah wadah dan digunakan untuk meletakkan potongan atau bagian sayuran yang digunakan sebagai bibit. Media tanam yang biasa digunakan untuk menanam sayuran sisa antara lain air dan tanah kompos maupun potting soil. Air dapat digunakan karena sifatnya yang mendukung pertumbuhan dan merangsang terbentuknya kecambah. Sisa batang bokcoy, bawang, seledri, bawang putih, daun bawang dan sayuran daun lainnya dapat diletakkan dalam air dan dibiarkan begitu saja. Setelah beberapa hari tanaman baru atau helai daun akan mulai tumbuh kembali dan hasilnya cukup memuaskan.

Selain menggunakan air sebagai media tanam, media lain yang bisa digunakan dalam menanam kembali bagian sayuran sisa tersebut adalah tanah organik yakni tanah yang dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk organik lainnya dengan perbandingan 1 : 1. Beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam kembali dengan tanah ini dalam sebuah wadah antara lain jahe, kunyit, lengkuas, tanaman herbal lainnya dan juga jamur maupun sayuran umbi seperti wortel dan kentang. Sisa tanaman seperti wortel dan kentang sebelum dipindahkan pada media tanam tanah, sebelumnya harus direndam air terlebih dahulu. Jadi inti pokok dalam menanam kembali sayuran yang sudah tidak digunakan terletak pada perendamannya dalam air.

Tanaman-tanaman yang akan ditanam bisa dipersiapkan terlebih dajulu. Saat memasak dan memotong sayuran, bagian yang masih bisa ditanam sebaiknya disisihkan dan jangan dibuang. Jika Anda piker bahwa menanam tanaman kembali sayuran tersebut akan membuat dapur Anda terlihat tidak rapi, sediakan wadah kaca atau gelas dengan bentuk yang menarik, sehingga tanaman tersebut tidak hanya bisa dikonsumsi saat tumbuh nanti tetapi juga dapat menjadi hiasan agar ruangan dapur atau ruang makan terlihat lebih cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *