Tips Untuk Membangun Vertical Garden

Tips Untuk Membangun Vertical Garden

Urbanina.com – Banyak tren menanam tanaman yang sedang populer saat ini. Salah satu diantaranya adalah metode vertical gardening atau menanam tanaman yang merambat atau menempel pada suatu dinding dan tidak melekat pada tanah seperti pada umumnya. Pada vertical garden, tanaman digantung atau disusun pada dinding sehingga bisa menghemat ruangan dan menambah suatu estetika suatu ruang. Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan metode vertical garden. Jika Anda ingin membangun vertical garden pada area rumah atau lingkungan tempat tinggal Anda, ikuti langkah-langkah berikut yang disarankan oleh Seorang ahli perkebunan, Susan Patterson.

membangun vertical garden

  1. Memilih struktur Dinding

Vertical garden, adalah metode menanam tanaman dengan menggunakan dinding dan biasa juga dikenal dengan hanging garden. Untuk membangun vertical garden maka pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih struktur dinding atau membangun sebuah dinding yang akan ditanami. Dinding beton bisa digunakan untuk menanam tanaman namun jika Anda ingin lebih mudah maka Anda bisa membangun atau membeli sebuah dinding dengan bahan tertentu seperti dinding yang terbuat dari panel atau dinding buatan yang khusus diperuntukkan untuk menanam tanaman secara vertikal.

  1. Mengisi frame tanam dengan media

Setelah memilih dinding atau mempersiapkan dinding tanam maka langkah yang selanjutnya adalah meletakkan tanah pada frame atau bingkai yang sudah dibuat dalam dinding tersebut. Gunakan tanah atau potting soil berkualitas baik atau jika Anda tidak ingin menggunakan tanah Anda bisa menggunakan set atau perangkat vertical garden hidroponik. Dalam perangkat tersebut biasanya sudah terdapat petunjuk bagaimana merangkai perangkat tersebut dan menanam tanaman didalamnya.

  1. Sediakan akses cahaya langsung

Tanaman yang ditanam dalam sebuah vertical garden juga membutuhkan cahaya untuk pertumbuhannya. Oleh sebab itu sebaiknya lokasi penanaman tidak terhalang dari sinar matahari. Memang kebun vertikal bisa diletakkan dalam ruangan tapi sebaiknya letakkan diruang yang mendapatkan cukup cahaya. Meskipun demikian, sebaiknya tanaman vertical garden juga tidak mendapatkan terlalu banyak cahaya matahari atau sinar yang kuat seperti di siang hari. Ada baiknya tanaman juga dilindungi sebuah penutup atau kanopi yang melindunginya dari panas matahari.

  1. Pilih jenis tanaman yang sesuai

Agar membangun vertical garden bisa tumbuh dengan baik dan terlihat indah maka pemilihan jenis tanaman juga menjadi salah satu faktor yang esensial. Ada banyak jenis tanaman yang bisa digunakan tapi sebaiknya pilih jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman yang ringan dengan sistem perakaran yang baik akan sangat baik ditanam dengan metode ini. Jenis tanaman sukkulen atau kaktus juga bisa jadi pilhan yang tepat karena tanaman ini sangat tahan terhadap kondisi yang kering sehingga tidak perlu disiram terlalu sering. Tanaman lain yang juga cocok digunakan dalam membangun vertical garden diantaranya tanaman hias daun maupun bunga anggrek.

  1. Penyiraman Vertical Garden

Biasanya dalam sebuah perangkat vertical gardening juga telah tersedia sebuah built in pump atau pompa otomatis yang bisa mengairi tanaman tanpa penyiraman manual. Pompa tersebut akan memudahkan perawatan tanaman dan memastika tanaman mendapatkan cukup air. Meskipun demikian, jika menggunakan pompa otomatis sebaiknya letakkan dengan benar dan pasang pembatas disekitar dinding tanam karena penyemprotan air disekitar area tanam akan menyebabkan tumbuhnya lumut dan jamur pada dinding yang lama kelamaan juga bisa merusak struktur dinding tersebut. Oleh sebab itu penyiraman yang terbaik adalah penyiraman dengan menggunakan tangan sendiri alias manual.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *