Manfaat Urban Gardening Tak Hanya Penghijauan

Manfaat Urban Gardening Tak Hanya Penghijauan

Urbanina.com – Urban gardening adalah salah satu tema budidaya tanaman yang saat ini tengah banyak digandrungi oleh warga dunia meskipun belum banyak dipraktekkan di Indonesia. Konsep urban gardening adalah memanfaatkan lahan yang ada pada bangunan atau lahan perkotaan yang kosong dan bisa ditumbuhi tanaman seperti halaman rumah, atap rumah maupun teras apartemen. Urban gardening juga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketersediaan pangan dan polusi yang terjadi di daerah perkotaan. Selain menghasilkan sayuran dan buah-buahan, urban gardening juga memiliki berbagai manfaat. Diantara manfaat – manfaat urban gardening tersebut antara lain :

manfaat urban gardening

  1. Pemanfaatan bangunan kosong

Dalam suatu area perkotaan biasanya banyak bangunan yang sidah tidak terpakai dan ditinggalkan begitu saja padahal sebenarnya bangunan-bangunan tersebut bisa digunakan untuk tempat pembudidayaan tanaman dalam ruangan atau indoor garden. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memicu produktivitas dan menghemat area lahan yang ada dalam perkotaan.

  1. Mempertahankan Food Sequrity

Manfaat urban gardening yang kedua adalah mempertahankan food sequrity. Food sequrity atau ketersediaan makanan bernutrisi dengan kualitas yang baik dapat terpenuhi jika setiap orang berusaha untuk menanam atau membudidayakan tanaman sendiri. Seperti yang kita tahu harga sayuran dan buah organik berkualitas dan sehat, harganya lebih mahal dibandingkan produk konvensional. Oleh sebab itu membudidayakan tanaman diarea perkotaan akan sangat membantu mengatasi masalah ketersediaan pangan yang berkualitas. Bayangkan jika kita bisa memetik sayuran dan buah segar organik dari kenun diatap rumah kita sendiri, bukankah itu menyenangkan?

  1. Menyatukan warga dalam satu lingkungan

Biasanya saat seseorang membudidayakan tanaman diareanya maka ia juga bisa menyediakan kebutuhan sayuran dan buah untuk area lingkungan sekitarnya. Hal ini bisa memicu warga lain untuk melakukan hal yang sama dan terbentuklah komunitas dan komunikasi antar warga khususnya diarea perkotaan. Seperti yang kita ketahui bahwa warga perkotaan jarang berkomunikasi satu sama lain dan Urban Gardening bisa menjadi salah satu cara untuk menyatukan mereka terutama yang memiliki hobi berkebun.

  1. Hasil panen berkualitas

Manfaat urban gardening yang keempat adalah hasil panen yang berkualitas. Tanaman yang ditanam dalam Urban Garden baik dengan metode hidroponik, aquaponik maupun dengan sistem organik akan menghasilkan sayuran dan buah hasil panen yang lebih berkualitas dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Hasil panen berupa sayur dan buah tersebut biasanya lebih kaya vitamin, mineral dan zat gizi lain yang diperlukan oleh tubuh. Dengan menanam tanaman sayur dan buah sendiri, keluarga dapat mengkonsumsi sayuran dan buah sehat setiap hari tanpa perlu khawatir akan zat kimia atau pestisida yang tertinggal. Pastikan saat membudidayakan tanaman dalam urban garden, semua kebutuhan tanaman terpenuhi untuk mendukung pertumbuhannya.

  1. Mendukung proses pembelajaran

Tidak hanya bertujuan menghasilkan bahan makanan, urban gardening juga bertujuan agar para warga kota atau suatu daerah belajar mengenai budidaya tanaman. Mempelajari cara budidaya tanaman adalah suatu aktivitas yang positif dan hobi yang berkualitas. Orangtua yang memiliki kebun dirumah mereka bisa mengajarkan anak-anaknya untuk menanam tanaman dan lebih produktif dalam melakukan sesuatu.

Demikian beberapa manfaat urban gardening yang bisa kita ketahui. Urban gardening memang belum banyak dipraktekkan dan saat ini meskipun masyarakat perkotaan senang menanam tumbuhan biasanya mereka cenderung memilih menanam tanaman hias untuk menghias taman. Tidak ada salahnya menanam tanaman hias akan tetapi akan lebih baik jika kita juga bisa menanam tanaman yang kita konsumsi sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *