Manfaat Menanam Sayuran Sisa Yang Sudah Tak terpakai

Manfaat Menanam Sayuran Sisa Yang Sudah Tak terpakai

Urbanina.com – Apakah Anda tipe orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berkebun dan bercocok tanam dihalaman rumah? Atau Anda tidak memiliki cukup dana untuk membangun sebuah perangkat budidaya tanaman? Jangan khawatir karena ada cara yang mudah untuk menanam tanaman dengan hanya memanfaatkan sayuran sisa yang biasanya akan langsung masuk ke dalam tong sampah. Ya, jika Anda berpikir Anda tidak bisa menanam sayuran sisa tersebut, Anda salah. Berbagai sayuran seperti bokcoy, wortel, kentang, bawang, seledri, kubis dan lainnya bisa ditanam kembali dari bagiannya yang sudah tak terpakai. Lalu apa manfaatnya menanam kembali sayuran sampah tersebut? Anda mungkin akan terkejut mengetahui manfaatnya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

menanam sayuran sisa

  1. Menghemat pengeluaran

Menanam sayuran sisa adalah salah satu solusi jitu untuk menghemat pengeluaran. Selain itu Anda tidak perlu membeli benih yang akan digunakan untuk menumbuhkan tanaman. beberapa ahli budidaya tanaman menganggap menumbuhkan kembali sayuran sisa adalah usaha merubah sampah menjadi harta. Sayuran yang tumbuh kembali bisa dikonsumsi keluarga dan juga dijual untuk menghasilkan uang, tentunya dengan perawatan yang tepat.

  1. Melestarikan lingkungan

Sebagian orang berpikir sayuran sisa bisa langsung dibuang dan mereka bisa mendapatkan kembali sayuran segar dengan mudah dipasar atau swalayan terdekat. Sebenarnya dengan menanam sayuran sisa kita bisa ikut melestarikan lingkungan dengan memberikan ruang dan waktu yang lebih agar lahan pertanian bisa beristirahat. Selain itu sampah sayuran memang tidak akan sulit didaur ulang akan tetapi jika kita bisa mengurangi sampah, kenapa tidak?

  1. Mendekorasi ruang

Menanam sayuran sisa ditempat atau wadah yang unik akan jadi suatu nilai seni dan meningkatkan artistik suatu ruangan. Penggunaan mangkuk kaca, toples, wadah yang dicat berwarna-warni akan membuat ruangan semakin terlihat cantik dan segar dipandang mata. Selain diletakkan diruangan dapur, wadah sayuran tersebut bisa diletakkan disisi jendela dan disusun bertingkat atau sedemikian rupa agar terlihat unik dan lebih menarik. Anda juga bisa menentukan tema dari wadah yang Anda gunakan misalnya tema vintage dengan menggunakan toples, kaleng maupun wadah bekas lainnya yang dihias dan dilukis seperti perabotan zaman dahulu.

  1. Meningkatkan kreatifitas

ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menanam kembali sayuran sisa termasuk dengan menggunakan metode vertikal garden. Dengan menanam kembali sayuran sisa, Anda juga bisa bereksperimen dengan jenis sayuran yang berbeda dan menemukan cara agar tanaman tersebut dapat tumbuh kembali dengan sendirinya.

  1. Mengajarkan hal baik kepada anak-anak

Menanam kembali sayuran sisa yang tidak terpakai akan memberikan contoh yang baik kepada anak-anak agar mereka bisa mendaur ulang sampah dan mejaga kebersihan lingkungan. Ajari anak-anak untuk menanam sayuran tersebut dan mintalah ia untuk membuat wadah sederhana  atau melakukan suatu tugas. Misalnya suatu minggu anak diminta menanam kembali sisa sayuran wortel atau tanaman lainnya, jika ia berhasil maka berikan ia hadiah agar ia termotivasi untuk melakukannya lagi.

  1. Menginspirasi orang lain

Jika Anda berhasil menanam tumbuhan dengan memanfaatkan sayuran sisa atau sampah organik maka Anda bisa menularkan kemampuan dan ilmu yang Anda miliki pada orang lain. Hal ini akan sangat bermanfaat dan dapat menimbulkan hubungan yang baik diantara para tetangga atau relasi. Semakin banyak orang yang terinspirasi maka semakin banyak pula jumlah sampah yang bisa kita kurangi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menanam kembali sayuran sisa yang sudah tidak dapat dikonsumsi. Mengubah sampah menjadi harta karun dengan sendirinya adalah suatu keajaiban, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *