Keuntungan Dari Melakukan “Grow Your Own Food”

Keuntungan Dari Melakukan “Grow Your Own Food”

Urbanina.com – Menanam tanaman yang dikonsumsi sehari-hari dikebun atau dihalaman rumah anda dikenal dengan istilah Grow Your Own food. Tren dan kampanye hijau ini adalah salah satu upaya untuk mengurangi tingkat konsumtif dikalangan masyarakat. Tren ini sebenarnya sudah dikenal lama dengan maraknya budidaya tanaman baik secara hidroponik maupun aquaponik. Menanam tanaman sendiri tentunya memiliki beberapa keuntungan dan keuntungan ini tentu sangat bermanfaat bagi anda dan juga keluarga. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat jika anda membudidayakan tanaman sayur atau buah diarea kebun atau rumah anda sendiri.

keuntungan

  1. Keuntungan yang dapat menghemat pengeluaran

Membudidayakan tanaman konsumsi sendiri dirumah bisa menggunakan beberapa sistem tanam diantaranya dengan menggunakan sistem hidroponik atau sistem tanam tanpa menggunakan tanah dan sistem aquaponik yang merupakan kombinasi budidaya tanaman dengan budidaya ikan air tawar. Meskipun untuk membangun perangkat tanam atau menyiapkan alat dan bahan-bahannya membutuhkan modal tetapi hasil yang didapat nantinya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jadi jika harga sayuran seperti cabai, tomat atau sayuran lain melonjak dipasaran, anda tak perlu khawatir lagi.

  1. Ramah lingkungan

Selain bermanfaat untuk kantong dan menghemat pengeluaran menanam tanaman konsumsi sendiri dirumah juga sangat bermanfaat bagi lingkungan khususnya didaerah perkotaan. Tanaman yang ditanam diatap rumah maupun teras rumah dapat memberi kesejukan tersendiri bagi yang memandangnya. Selain sejuk dipandang, tanaman yang dibudidayakan juga menghasilkan oksigen dan tentunya ini sangat baik untuk menjaga kebersihan udara disekitar rumah.

  1. Menghasilkan sayuran yang lebih sehat

Menanam tanaman sendiri memang bisa menghemat pengeluaran, selain itu hasil tanaman budidaya khususnya sayuran dan buah-buahan yang ditanam juga tidak kalah kualitasnya dengan sayuran dan buah-buahan yang tersedia di pasar swalayan. Dengan menanam tanaman sendiri atau grow your own food, anda bisa mengontrol sendiri bahan dan segala nutrisi serta pembasmi hama yang digunakan, tentunya dengan menghindari penggunaan pestisida dan zat kimia lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi. Biasanya sayuran yang dibudidayakan sendiri memiliki kualitas yang sama dengan sayuran organic yang harganya lebih tinggi dipasaran.

  1. Memanfaatkan lahan kosong

Jika anda memiliki lahan kosong atau ruang maupun halaman diarea rumah yang tidak terpakai, membudidayakan tanaman bisa menjadi salah satu alternative untuk memanfaatkan lahan tersebut. Namun jika anda tidak memiliki cukup lahan untuk bercocok tanam, jangan khawatir karena metode hidroponik adalah salah satu metode tanam yang cocok digunakan untuk membudidayakan tanaman diarea dengan laha yang sempit. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan lahan dihalaman rumah maupun atap untuk memproduksi makanan anda sendiri.

  1. Mengisi waktu luang

Waktu luang yang anda miliki selepas bekerja atau saat libur bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat salah satunya adalah dengan bercocok tanam. Selain murah dan tidak menghabiskan banyak biaya, bercocok tanam dirumah bisa membuat anda dan lingkungan lebih sehat. Jadi selain mendapatkan hasil sayuran maupun buah-buahan yang berkualitas anda bisa berolahraga sembari merawat tanaman daripada hanya duduk didepan TV seharian. Bayangkan jika anda bisa menanam tanaman sayur anda sendiri dan memetiknya kemudian memasaknya sebagai hidangan untuk keluarga, sangat menyenangkan bukan?

  1. Mendatangkan keuntungan

Jika anda sudah mahir bercocok tanam dan menumbuhkan tanaman anda sendiri mengapa tidak melebarkan sayap dan memulai suatu bisnis sendiri yang dapat mendatangkan keuntungan? Saat ini prospek tanaman sayur yang ditanam secara organik cukup menguntungkan dan dapat dicoba jika anda tertarik dalam dunia tersebut, tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu.

Jadi, apa anda masih punya alasan untuk tidak menanam sayuran anda sendiri dirumah? Mengapa tidak mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *