Keuntungan Ekonomis Budidaya Tanaman Hidroponik Komersil

Keuntungan Ekonomis Budidaya Tanaman Hidroponik Komersil

Urbanina.com – Sistem hidroponik adalah sauatu sistem atau metode tanam yang saat ini banyak digunakan oleh para petani atau pembudidaya tanaman untuk menghasilkan produk sayuran dan buah-buahan dengan cara yang lebih efektif dan tidak menggunakan media tanah. Sistem hidroponik sendiri memiliki berbagai macam model yang bisa dipraktekkan baik dengan peralatan sederhana maupun dengan perangkat yang lebih teratur dan berfungsi secara otomatis. Banyak petani yang menggunakan sistem hidroponik untuk membudidayakan tanaman karena sistem ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan metode tanam konvensional. Adapun beberapa keuntungan ekonomis yang bisa didapatkan dari budidaya tanaman secara hidroponik adalah sebagai berikut :

budidaya tanaman

  1. Hemat lahan

Tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik lebih hemat dalam penggunaan lahan karena rak dan perangkat hidroponik dapat disusun secara vertical atau dengan menggunakan metode lainnya. Oleh sebab itu pembuatan sistem dan perangkat dapat disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Petani atau pembudidaya tanaman tidak perlu menghabiskan biaya untuk membeli lahan yang luas untuk memulai budidaya tanaman skala komersil. Lahan yang dimiliki juga bisa dikelola dengan lebih efisien sehingga bisa menghasilkan tanaman yang lebih banyak. Tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik dapat ditanam dengan interval jarak yang lebih rapat sehingga tentu saja hasil panennya bisa lebih banyak. Perangkat sistem hidroponik juga bisa dibangun dalam bangunan yang sudah tidak lagi terpakai sehingga bangunan tersebut tidak terbengkalai dan dapat dimanfaatkan kembali.

  1. Ongkos karyawan bisa ditekan

Sistem hidroponik komersil biasanya menggunakan alat-alat dan perangkat yang disusun sedemikian rupa dan bisa bekerja secara otomatis untuk mengairi tanaman maupun memberikan nutrisi. Sistem yang berfungsi secara otomatis tersebut akan membantu petani mengatur segalanya dan tidak memerlukan banyak tenaga karyawan sehingga ongkos produksi bisa lebih ditekan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

  1. Hasil panen lebih cepat dan lebih banyak

Tanaman yang dibudidayakan dengan metode hidroponik dapat tumbuh lebih cepat dan menghasilkan panen dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan pada sistem hidroponik, tanaman mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah yang tepat sehingga bisa langsung diserap dan digunakan untuk pertumbuhan. Selain itu tanaman bisa ditanam dengan jarak yang lebih dekat sehingga hasil panen lebih banyak. Semakin cepat masa panen tanaman maka akan semakin cepat pula petani menanam tanaman atau memanen untuk fase yang selanjutnya.

  1. Menghasilkan sayur dan buah yang lebih berkualitas

Harga suatu produk hasil panen tentunya dipengaruhi oleh kualitas produk tersebut. Metode hidroponik menghasilkan sayuran dan buah-buahan yang berkualitas lebih baik dan rasanya lebih enak dibandingkan sistem tanam konvensional karena tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik menyerap nutrisi dengan lebih baik sehingga berpengaruh pada rasa buah dan sayur yang dihasilkan. Semakin baik kualitasnya maka semakin mahal pula produk hasil panen budidaya tanaman hidroponik tersebut.

  1. Pengembangan sumber daya lokal

Sistem tanam hidroponik memungkinkan petani untuk bercocok tanam meskipun tanah yang ada didaerah tempat tinggalnya tidak subur dan tidak bisa ditanami. Hal ini bisa merangsang minat masyarakat setemoat untuk mengembangkan sendiri budidaya tanaman local sehingga tidak perlu lagi membeli sayur dan buah dari luar daerah. Tentunya harga sayur yang ditanam didaerah lokal akan lebih murah dibandingkan sayur dan buah yang didatangkan dari luar daerah karena tidak memerlukan ongkos kirim yang tinggi.

Dengan mengetahui keuntungan tersebut maka para petani atau pembudidaya tanaman yang ingin memulai usaha dalam bidang pertanian bisa menimbang segala hal dengan baik sebelum usahanya dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *