Kelebihan dan Kekurangan Sistem Vertical Garden

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Vertical Garden

Urbanina.comVertical garden atau yang juga dikenal dengan sebutan taman vertikal adalah salah satu konsep menanam tanaman dengan menyusunnya pada suatu dinding atau panel yang berdiri tegak sehingga tanaman tidak tumbuh mendatar sebagaimana tanaman yang ditanam pada umumnya. Berbagai jenis tanaman bisa ditanam dengan teknik ini mulai dari tanaman hias hingga sayuran dan buah yang biasa dikonsumsi. Sistem vertical garden sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dahulu, menengok masyarakat Babilonia kuno sudah mengenal teknik tanam tersebut dan menciptakan Hanging garden atau taman gantung. Sebagai suatu sistem yang diciptakan manusia, tentunya sistem vertical garden memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantara kelebihan dan kekurangan tersebut dijelaskan dalam uraian berikut ini.

sistem vertical garden

Kelebihan Vertical Garden

Beberapa kelebihan sistem vertical garden diantaranya adalah ;

  • Menghemat penggunaan lahan. Sistem vertical garden tentunya sangat efisien untuk digunakan dalam budidaya tanaman tidak hanya itu, teknik ini memberikan solusi untuk memanfaatkan dinding atau bangunan yang sudah tidak layak pakai. Misalnya saja tanaman hias yang ditanam pada dinding rumah yang menghadap jalanan. Selain itu dengan menanam tanaman secara vertical garden maka siapa saja bisa melakukannya meskipun tidak memiliki lahan atau halaman rumah yang luas. Sistem vertical garden yang portabel bahkan bisa dipindah-pindah dan dipasang pada dinding apartemen.
  • Mengurangi polusi udara. Sudah bukan rahasia lagi jika tanaman mampu menyerap karbon dioksida dan zat-zat polutan lain yang ada dalam udara. Selain itu tanaman juga dapat mengubah karbon dioksida tersebut menjadi oksigen yang berguna bagi manusia. Hal ini bisa membantu mengurangi tingkat polusi yang terjadi didaerah perkotaan. Saat ini tentunya kita bisa menjumpai sistem vertical garden yang ditanam pada dinding dekat jalan raya, dinding fly over jalan tol maupun pada papan reklame yang sengaja ditanami tanaman hias.
  • Manambah kecantikan suatu ruangan. Vertical garden yang ditanam dalam ruangan maupun dihalaman rumah bisa menambah kecantikan rumah tersebut. Rumah yang memiliki taman vertikal akan terlihat lebih asri dan menawan tentunya jika ditata dengan baik dan menggunakan jenis tanaman yang tepat.

Kekurangan Vertical Garden

Vertical garden memang memiliki berbagai kelebihan namun tetap saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki antara lain :

  • Lebih cepat kering. Karena taman vertikal biasanya diletakkan diluar ruangan dan disis jalan raya maka tanaman akan cepat kering dan tanah juga akan lebih cepat kehilangan air serta kelembabannya. Oleh sebab itu, biasanya pada perangkat taman vertikal dilengkapi pompa penyiram air otomatis, jika tidak maka sebaiknya jangan lupa menyiramnya secara rutin dua kali sehari. Selain itu warna container atau wadah tanam yang digunakan dalam vertical garden juga akan mempengaruhi suhunya. Hindari menggunakan warna hitam atau abu-abu jika vertical garden diletakkan yang terkena sinar matahari langsung.
  • Biaya yang digunakan untuk membuat taman vertikal lebih mahal dibandingkan menanam tanaman dengan cara konvensional. Hal ini dikarenakan vertical garden membutuhkan perangkat tertentu, pembangunan dan pembentukan struktur dinding yang sesuai dan perlakuan khusus saat sistem dibangun.
  • Bisa terlihat kacau. Jika tidak disusun dengan baik dan tidak menggunakan tanaman yang tepat justru akan membuat vertical garden nampak rusuh dan tidak cantik. Oleh sebab itu pilih dan letakkan jenis tanaman yang sesuai dalam taman vertikal.

Itulah beberapa kelebihan dan keurangan teknik vertical garden yang bisa diketahui. Jadi sebelum Anda memutuskan membangun sebuah sistem taman vertikal, ketahui terlebih dahulu dan pelajari segala hal mengenainya agar tidak terjadi kesalahan dimasa depan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *