Kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik

Kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik

sistem nft bertingkat

Kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik, jika anda mau menanam menggunakan sistem hidroponik ada baiknya anda membaca artikel berikut ini.

Sistem tanam hidroponik saat ini tengah banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari para petani dan mereka yang hobi berkebun. Ada banyak hal yang ditawarkan oleh metode ini dan umumnya memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem tanam konvensional yang hanya menggunakan tanah. Sistem tanam hidroponik adalah sistem atau metode tanam soilless atau tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Banyak orang berpendapat bahwa sistem ini adalah salah satu metode tanam dengan teknologi modern padahal metode hidroponik bisa dilakukan dengan alat dan bahan yang sederhana seperti halnya masyarakat Mesir dan babilonia kuno bercocok tanam dengan sistem ini.

Untuk mengetahui mengapa sistem ini cukup populer dan banyak digunakan, simak kelebihan metode tanam hidroponik berikut ini :

  • Ramah lingkungan. Sistem ini dianggap lebih ramah lingkungan karena pupuk dan nutrisi yang digunakan tidak akan mengalir keperairan disekitarnya. Nutrisi dan pupuk serta pestisida yang digunakan dalam sistem hidroponik hanya akan menetap pada wadah yang menampung air pada metode hidroponik.
  • Mudah dan efisien. Hidroponik menggunakan nutrisi dan zat hara yang telah dimurnikan sehingga tanaman dapat tumbuh secara maksimal dan tentu saja perawatannya lebih mudah dibandingkan sistem tanam konvensional yang menggunakan media tanam tanah.
  • Dapat ditanam diluar maupun di dalam ruangan. Hidroponik memberi kemudahan bagi mereka yang ingin berkebun meskipun tinggal di area yang sempit bahkan metode ini dapat digunakan untuk menanam tanaman diteras rumah atau apartemen yang tidak banyak memiliki ruang terbu
  • Meskipun menggunakan air sebagai bagian dari media tanam, hidroponik menggunakan air yang lebih sedikit dibandingakan dengan metode tanam konvensional yakni hanya sekitar 70 hingga 90% dari total air yang digunakan dalam metode tersebut.
  • Hasil yang diperoleh dalam media tanam hidroponik umumnya lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan tanaman yang ditanam pada tanah karena hidroponik menggunakan nutrisi dengan takaran unsur hara yang tepat sehingga tanaman menghasilkan buah atau daun yang lebih segar dan kaya rasa.

Meskipun demikian ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh sistem tanam hidroponik diantaranya adalah

  • Peralatan yang digunakan dalam metode hidroponik mungkin lebih rumit dibandingkan dengan yang digunakan pada metode konvensional.
  • Saat menanam dan merawat tanaman, kadar air dan nutrisi harus dijaga dengan baik karena bila kekurangan nutrisi tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *