KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA TANAM HYDROTON

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA TANAM HYDROTON

Urbanina.com – Hidroton merupakan media tanam Hidroponik yang sedang terkenal di negara Jerman. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan hidroton, hidroton merupakan media tanam yang terkenal untuk sistem tanam hiroponik. Hidroponik sendiri berbahan dasar tanah liat yang sudah dikeringkan dengan cara pemanasan dan dibentuk bulat-bulat seukuran kelereng. Mengapa hidrotonik merupakan media yang menjanjikan? Karena Hidrotonik tidak berat, mereka merupakan media yang ringan sehingga apabila kita ingin menempatkan Hidrotonik tersebut ke pot atau media tanam lain akan lebih mudah. Selain itu mereka tidak terlalu kotor dibandingkan apabila kita menggunakan tanah. Sehingga kita bisa menggunakan tangan kita dalam menempatkan hidrotonik tersebut ke media tanam yang akan kita pakai.

kelebihan dan kekurangan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa setiap metode yang diciptakan oleh manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena ciptaan manusia tidak ada yang sempurna. Maka akan kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangan dari Hydroton sebagai media Hydroponik.

Kelebihan Hydroton sebagai media Hidroponik adalah :

  1. Tingkat prositas yang tinggi sehingga jarang terjadinya penyumbatan.

Hydrotonik adalah media tanam Hidroponik yang menggunakan tanah liat yang telah dikeringkan. Dapat dilihat bahwa apabila tanah liat yang telah dikeringkan dengan cara dibakar, sehingga menghasilkan tanah kering padat yang banyak lubang-lubang. Lubang-lubang pada hydrotonik tersebut berfungsi menyerap air, sehingga air akan mengalir memenuhi media tanam tersebut. Karena pori-pori yang ada di hydrotonik tersebut air akan meresap ke hydrotonik tersebut.

  1. Mampu mempertahankan akar tanaman untuk selalu beroksidasi

Pada hydroton, karena media tersebut berbentuk bulat, sehingga ketika diletakkan pada media tanam akan menghasilkan ruang-ruang antar hydroton. Ruang antar hydroton tersebut akan menghasilkan udara yang akan menjaga akar tanaman untuk selalu beroksidasi ( menghasilkan oksigen ).

  1. Ramah lingkungan dan dapat diperbarui

Hydroton adalah media yang ramah lingkungan karena dia terbuat dari tanah liat. Dimana pH dari tanah liat adalah normal. Sehingga dia tidak akan merusak tanaman. Selain dari pH, karena bentuk dari hydroton yang bulat, maka hydroton tidak akan merusak akar tanaman.

  1. Dapat digunakan kembali

Seperti yang kita ketahui bahwa hydroton terbuat tanah liat yg dikeringkan. Sehingga apabila dia terkena air maka hydroton tersebut tidak akan berubah bentuk. Sehingga hydroton masih bisa digunakan kembali hanya dengan dikeringkan, setelah itu anda masih bisa menggunakan hydroton tersebut.

  1. Mudah penggunaannya

Hydrotonik hanya perlu diletakkan pada pot dan tanaman diletakkan di antara hydrotonik tersebut. Setelah itu tinggal diberi air pada media tanam tersebut. Apabila tanaman sudah harus dipanen, maka tinggal dicabut tanaman tersebut dan lepaskan akar dari hydrotonik apabila ada akar yang masuk atau tumbuh di dalam hydrotonik. Penggunaannya cukup mudah karena tidak memerlukan banyak alat bantu untuk menanam dan mencabut tanaman apabila sudah harus dicabut.

  1. Koloni yang baik untuk populasi mikroba

Karena hydroton terbuat dari bahan organik yakni tanah liat maka media tanam ini juga baik untuk pertumbuhan mikroorganisme pada akar.

Di samping kelebihan dari hydroton, pasti media ini memiliki kelemahan juga. Beberapa kelemahan dari hydroton adalah sebagai berikut :

  1. Hydroton memiliki Daya Ikat Air yang rendah.

Daya ikat air atau Water Holding Capacity yang disingkat WHO memiliki fungsi menjaga kelembapan media. Sedangkan hydroton memiliki daya ikat air yang rendah dan mengakibatkan media tersebut akan cepat kering dan harus selalu diisi air agar tetap basah. Hydroton akan sangat bekerja baik di daerah yang memiliki irigasi konstan dan daerah yang relatif dingin. Apabila diterapkan di Indonesia mungkin akan mejadi metode yang kurang cocok, tetapi itu bukan menjadi permasalahan besar. Pengguna hydroton hanya perlu lebih memahami akan kebutuhan tanaman yang ditanam, sehingga para pengguna hydroton ini bisa memperkirakan penggunaan air dan jangka waktu penyiraman.

  1. Harga hydroton relatif mahal

Hydroton sangat efektif dan relatif mudah digunakan dalam bidang hal pertanian. Tetapi karena hal tersebut hydroton menjadi media yang relatif mahal dikarenakan proses pembuatannya yang relatif membutuhkan waktu dan bahan yang lebih.

  1. Dapat mengakibatkan penyumbatan pada pipa

Karena hydroton relatif ringan, mereka akan mengapung ketika berada di air. Sehingga disarankan apabila ingin mencabut tanaman dan membersihkan media tanam tersebut tidak di tempat yang dekat dengan pipa pembuangan. Karena tanah liat akan menjadi liat bila terkena air dan susah untuk larut di dalam air. Sehingga dapat mengakibatkan penyumbatan pada pipa apabila hydroton mengalir di dalam pipa.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan hidroton maka tentunya anda dapat mengambil keputusan tentang menggunakan hidroton sebagai media tanam dalam perangkat hidroponik maupun aquaponik anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *