Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Rockwool ?

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Rockwool ?

Urbanina.com – Rockwool adalah salah satu jenis media tanam yang popular bagi mereka penggemar hidroponik, tak lepas karena kelebihan rockwool itu sendiri. Media tanam ini dinilai memiliki berbagai keuntungan lebih dibandingkan dengan menggunakan tanah sebagai media tanam. Sesuai dengan namanya, rockwool memang terbuat dari serat yang berasal dari batuan. Serat tersebut diperoleh dengan memanaskan batuan basalt dan pasir hingga suhu 1600 derajat Celcius. Selanjutnya serat akan dikumpulkan dan dibentuk menyerupai balok dan saat ini rockwool  bisa dikatakan sebagai media tanam hidroponik yang paling popular.

kelebihan rockwool

Meskipun demikian, tentunya rockwool memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan  rockwool itu sendiri dibandingkan dengan media tanam lainnya. Beberapa kekurangan serta keuntungan atau kelebihan rockwool antara lain dijelaskan sebagai berikut.

Kelebihan Rockwool

Sebagai salah satu media tanam hidroponik, beberapa keuntungan menggunakan rockwool antara lain :

  1. Kelebihan rockwool mampu menahan air dengan baik

Rockwool memiliki daya simpan air dan daya resap air yang sangat baik sehingga sangat cocok digunakan sebagai media tanam hidroponik yang menggunakan media air sebagai pelarut nutrisi. Rockwool bisa menyimpan air dalam serat-seratnya 14 kali lebih baik dari tanah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tanaman yang ditanam dalam rockwool tetap terlihat segar dan lembab. Meskipun demikian, sebaiknya saat menggunakan rockwool jangan melalukan penyiraman berlebihan.

  1. Steril dari pathogen

Rockwool adalah media tanam yang diproduksi oleh pabrik dan biasanya sudah disterilisasi dengan baik sehingga tidak mengandung bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya bagi tanaman. Media rockwool tidak perlu disterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

  1. Memiliki tingkat aerasi yang baik

Salah satu faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah ketersediaan oksigen. Mungkin banyak orang mengira karena tanaman dapat menghasilkan oksigennya sendiri, mereka tidak membutuhkan oksigen dan hanya membutuhkan karbon dioksida. Anggapan ini tidak benar adanya karena bagian tubuh tumbuhan seperti akar tetap memerlukan oksigen untuk bernafas. Rockwool memiliki pori-pori dalam seratnya yang dapat menyimpan oksigen dan memberikan aerasi yang baik bagi akar tanaman.

 

  1. Mudah disesuaikan penggunaanya

Rockwool memiliki bentuk dan tekstur yang mudah disesuaikan dengan ukuran maupun bentuk wadah tanam. Tidak hanya dapat digunakan sebagai media tanam, rockwool juga dapat digunakan sebagai media semai. Penggunaan rockwool juga sangat mudah, hanya dengan memotongnya sesuai ukuran yang diinginkan dan benih atau bibit tanaman dapat diletakkan dalam lubang yang dibuat di bagian tengahnya.

Kekurangan Rockwool

Rockwool memang memiliki banyak fungsi dan kelebihan sebagai media tanam hidroponik, meskipun demikian rockwool memiliki beberapa kelemahan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memiliki pH cukup tinggi

Rockwool terbuat dari batuan basalt sehingga kadar pH rockwool cukup tinggi. Hal ini menyebabkan rockwool sebaiknya tidak digunakan untuk tanaman yang membutuhkan pH yang relative rendah. Selain itu karena mampu menyimpan air dengan baik rockwool juga sebaiknya tidak disiram secara berlebihan.

  1. Tidak ramah lingkungan

Beberapa pihak mengklaim bahwa rockwool yang merupakan media tanam manusia kurang ramah lingkungan karena terbuat dari batuan dan pasir yang dapat meninggalkan residu bahan kimia bagi tanaman dan lingkungan. Selain itu rockwool juga cukup sulit terurai oleh tanah sehingga bisa menyebabkan penumpukan sampah dan pencemaran tanah. Untuk mengatasi hal ini, jika anda menggunakan rockwool sebagai media tanam, gunakan lagi dan jangan dibuang setelah beberapa kali pakai karena media ini bisa digunakan lagi dan lagi.

 

  1. Berdampak bagi kesehatan

Tidak baik berada di sekitar rockwool terlalu lama karena udara disekitar rockwool bisa terkontaminasi debu dan pasir yang tentunya tidak baik untuk kesehatan terutama organ pernafasan. Saat menggunakan rockwool sebagai media tanam sebaiknya gunakan masker dan pelindung untuk mengurangi resiko tersebut.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan media tanam rockwool. Pertimbangkan dengan baik jika anda ingin membudidayakan tanaman dengan media ini. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *