KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PERLITE SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PERLITE SEBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK

Urbanina.com – Perlite merupakan media tanam yang bagus karena dia netral dengan pH normal. Selain itu perlite juga relatif ringan sehingga dapat digunakan oleh segala umur. Biasanya perlite tidak digunakan sendiri, tetapi dikombinasikan dengan bahan lain seperti vermiculite dan cocopeat. Penggunaan perlite tak lepas dari kelebihan perlite dibanding dengan bahan lain.

kelebihan perlite

Akan dijelaskan beberapa kelebihan dari bahan perlite sebagai media hidroponik.

  1. Perlite dapat digunakan kembali

Kelebihan perlite yang pertama adalah karena perlite dapat digunakan kembali. Apabila penggunaan perlite pada tanaman sudah selesei, maka perlite dapat digunakan kembali dengan cara dikeringkan dan diatur pH perlite menjadi normal. Karena dalam penggunaan perlite, kadang kita menggunakan pupuk cair atau obat untuk menjaga tanaman tetap sehat. Sehingga dapat merubah pH dari perlite sendiri. Maka sebelum kita menggunakan perlite yang sudah terpakai, alangkah baiknya apabila perlite disterilisasikan terlebih dahulu.

  1. Kelebihan perlite dapat membantu hindari kondisi anaerobic

Kondisi anaerob adalah kondisi dimana media tanam tersebut kekurangan oksigen. Sehingga akan menyebabkan bakteri tumbuh dan tanaman akan cepat layu. Karena perlite dapat mengikat oksigen di udara, tanah dan zona akar dengan baik. Maka kondisi di media tanah tersebut akan tetap anaerob dan tanaman akan terjaga dari layu. Bakteri pun tidak akan tumbuh di area media tanam karena kadar oksigen yang selalu terjaga oleh perlite tersebut.

  1. Kelebihan perlite yaitu murah

Perlite memiliki harga yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan hydroton, harga hydroton bisa mencapai 2x dari harga perlite. Sama-sama bisa digunakan kembali dan ringan. Perlite lebih dapat menarik perhatian para ibu-ibu yang selalu ingin hemat ketika mereka berkebun.

  1. Perlite Steril dan memiliki pH normal

Beberapa media tanam harus steril dari bahan kimia, seperti pestisida dan obat-obatan lainnya. Karena perlite steril dia akan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan tanaman. Selain itu didukung dengan pH normal dapat memberikan efek sehat jangka panjang pada tanaman.

Dimana suatu metode memiliki kelebihan, maka dia pun akan memiliki kelemahan. Berikut beberapa kelemahan dari perlite :

  1. Perlite bukan sumber daya yang dapat diperbaharui

Perlite merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Kalaupun dapat diperbaharui bukan dalam jangka waktu yang dekat. Hal ini menjadi pro dan kontra untuk menggunakan perlite sebagai media tanam. Tetapi pada kenyataannya bahwa perlite hanya digunakan sekitar 1% hingga masa pembaharuannya.

  1. Perlite tidak cocok dengan tanaman berakar aktif

Karena perlite merupakan partikel-partikel kecil, maka pori-pori di perlite sendiri akan kecil. Sehingga apabila ditanami dengan tanaman yang berakar aktif dan banyak akan menyumbat peredaran udara sehingga zona akar bisa kekurangan oksigen.

  1. Perlite sensitif terhadap benda asing

Ketika perlite penuh dengan akar, maka pori-pori pada perlite akan sangan sensitif terhadap benda asing. Hal ini akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori perlite sehingga pertukaran oksigen akan terhambat. Sebenarnya ini bukan merupakan masalah besar, apabila si penanam mengetahui hal apa saja yang harus diperkuat ketika menggunakan perlite, maka masalah ini akan terseleseikan.

  1. Debu perlite berbahaya bagi kesehatan

Jika perlite tidak melukaimu ketika memegangnya, maka debu perlite akan sangat berbahaya bagi tenggorokan dan paru-parumu. Ketika meletakkan perlite pada media tanam disarankan untuk mengenakan masker agar terjaga dari debu perlite.

Memilih media tanam yang sesuai dengan perangkat dan tanaman hidroponik maupun aquaponik memang memerlukan banyak pertimbangan. Jika anda ingin menggunakan perlite sebagai media tanam, ketahui dan pertimbangkan untung ruginya terlebih dahulu.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *