Kekurangan dan Kelebihan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Kekurangan dan Kelebihan Cocopeat Sebagai Media Tanam

Urbanina.com – Saat ini banyak media tanam yang biasa digunakan dalam perangkat tanam hidroponik yang tidak menggunakan tanah. Salah satu media tanam yang biasa digunakan dalam sistem tanam ini adalah Cocopeat. Media cocopeat dapat diperoleh di toko pertanian maupun online store penyedia perangkat hidroponik langganan anda. Untuk mengetahui lebih lanjut apa kekurangan dan kelebihan cocopeat sebagai media tanam, simak penjelasan berikut.

kelebihan cocopeat

Apa itu cocopeat?

Cocopeat adalah media tanam hidroponik yang termasuk media organic karena dibuat dari bahan alami yaitu sabut atau tempurung kelapa. Cocopeat juga merupakan salah satu produk Coconut coir (media tanam yang berasal dari kelapa) yang popular di Indonesia disamping jenis coconut coir yang lain seperti  coco fiber dan coco chips. Bentuk dan tekstur cocopeat lebih menyerupai serbuk kayu hasil gergaji dan lebih lembut dibandingkan media coconut coir lainnya. Cocopeat dibuat dari tempurung kelapa yang diproses sedemikian rupa sehingga siap digunakan untuk menanam tanaman secara hidroponik.

Kelebihan Cocopeat

Sebagai media tanam organik, cocopeat memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan dibandingkan media tanam lainnya. Kelebihan cocopeat tersebut antara lain

  1. Teksturnya mirip tanah

Bentuk dan tekstur cocopeat menyerupai tanah dan butirannya yang halus membuat tanaman dapat beradaptasi dengan baik seperti halnya jika ditanam pada tanah. Perbedaan cocopeat dengan media tanam tanah hanya pada kandungan nutrisinya dimana cocopeat tidak mengandung unsure hara seperti tanah. Oleh sebab itu  untuk menanam tumbuhan dengan cocopeat, tanaman tidak hanya disiram air melainkan juga larutan nutrisi.

 

  1. Kelebihan cocopeat yang dapat menyerap air dengan baik

Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang ditampung dalam tanah. Cocopeat dapat menyimpan dan mempertahankan air 10 kali lebih baik dari tanah dan hal ini sangat baik tentunya bagi tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik. Karena dapat menjaga air dengan baik, akar tanaman tidak mudah kering dan dapat terhidrasi dengan baik.

 

 

 

  1. Ramah lingkungan

Karena terbuat dari bahan organic, cocopeat sangat ramah lingkungan dan dapat terdegradasi dalam tanah dengan baik jika sudah tidak digunakan. Selain itu cocopeat juga dapat didaur ulang kembali menjadi media tanam baru tentunya dengan beberapa proses tertentu.

 

  1. Lebih tahan hama

Beberapa jenis hama seperti hama yang berasal dari tanah tidak suka berada dalam cocopeat dan hal ini tentunya bisa melindungi tanaman dengan lebih baik dan menjaganya dari serangan hama.

 

  1. Lebih mudah untuk pemula

Menanam tanaman dengan cocopeat sangat dianjurkan bagi mereka yang baru mulai belajar menanam tanaman secara hidroponik. Cocopeat  mudah digunakan saat pertama kali menanam karena bentuk dan teksturnya seperti tanah.

 

Kekurangan  Cocopeat

Meskipun memiliki banyak kelebihan, cocopeat juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut

  1. Tidak steril dari pathogen

Meskipun cocopeat tidak mengandung hama tetap saja sebelum digunakan cocopeat harus disterilkan terlebih dahulu dengan cara mencucinya dan mengeringkannya terlebih dahulu.

 

  1. Kurang cocok untuk akar tanaman yang tidak suka basah

Karema cocopeat dapat menahan air lebih lama maka media tanam ini sebaiknya tidak digunakan untuk menanam tanaman dengan perakaran yang tidak menyukai kondisi basah seperti tanaman kol atau brokoli.

 

  1. Tidak mengandung unsur hara atau Inert

Meskipun bentuk dan teksturnya mirip tanah, ingat bahwa cocopeat tidak mengandung unsure hara apapun sehingga saat digunakan sebagai media tanam, perlu ditambahkan larutan nutrisi dan suplemen yang mendukung pertumbuhan tanaman.

Berbagai merk cocopeat dapat diperoleh saat ini meskipun harganya relative mahal, akan tetapi jika anda ingin mencoba membudidayakan tanaman dengan media ini, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *