Jenis Tanaman Pangan Terbaik Untuk Vertical Garden

Jenis Tanaman Pangan Terbaik Untuk Vertical Garden

Urbanina.com – Vertical garden adalah salah satu tren budidaya tanaman yang saat ini banyak diaplikasikan pada bangunan-bangunan perumahan, kantor maupun disisi jalanan. Banyak manfaat yang ditawarkan oleh teknik perkebunan yang satu ini. Selain menghemat lahan dan membuat bangunan terlihat lebih cantik, vertical garden bisa membuat udara lebih sejuk dan menghilangkan polusi udara. Selama ini vertical garden biasanya diterapkan untuk menanam tanaman hias padahal tidak hanya tanaman hias saja yang bisa ditanam pada dinding kebin, tanaman konsumsi atau tanaman pangan seperti sayuran dan buah-buahan bisa ditanam dengan teknik vertical garden. Ada banyak jenis tanaman pangan yang bisa diaplikasikan pada vertical garden. Untuk menghemat lahan dan menghasilkan produk yang bisa dikonsumsi, maka ada baiknya tanaman yang ditanam pada vertical garden adalah jenis tanaman pangan atau yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Beberapa jenis tanaman pangan sayur dan buah yang bisa ditanam pada Vertical Garden Anda antara lain :

jenis tanaman pangan

  • Selada dan bayam

Dua jenis sayuran berdaun hijau ini sangat cocok ditanam pada vertical garden karena memiliki perakaran yang pendek dan kompak. Selain itu selada dan bayam dapat tumbuh memenuhi frame atau bingkai pada dinding dan tidak tumbuh terlalu panjang atau tinggi. Jenis sayuran ini akan cocok diletakkan pada bagian dinding bawah vertical garden.

  • Tanaman herbal

Dedaunan herbal seperti basil, oregano, cilantro, jahe dan tanaman herbal yang tumbuh rendah dapat digunakan untuk mengisi bingkai pada dinding vertical garden. Kombinasikan jenis tanaman herbal dengan baik agar tidak hanya menghasilkan panen, tetapi juga sedap dipandang mata.

  • Tomat cherry

Jenis tanaman tomat ini tumbuh rendah dan tidak menghasilkan buah yang terlalu berat sehingga cocok digunakan dalam vertical garden. Selain itu tomat cherry yang memiliki berbagai warna juga akan membuat vertical garden terlihat lebih semarak.

  • Strawberri

Tanaman strawberry tidak hanya cocok ditanam didalam polybag tetapi juga bisa diaplikasikan pada vertical garden. Tanaman strawberry memiliki sistem perakaran yang baik dan batangnya dapat tumbuh rendah dengan sulur yang cantik. Meletakkan tanaman strawbeery dibagian atas akan membuat vertical garden terlihat lebih menawan terutama saat strawberry mulai berbuah. Meletakkan strawberry dibagian atas juga bisa mencegah siput, atau hama lain memakan buahnya.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis atau varietas kacang seperti kacang polong, kacang lima dan jenis kacang lainnya dapat ditanam pada kebun vertikal. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan cepat serta bisa menambah kebun vertikal Anda terlihat lebih cantik.

  • Mentimun, melon dan labu

Tanaman buah lain yang bisa ditanam pada kebun vertikal adalah jenis mentimun, melon dan labu. Meskipun demikian, jika ingin menanam jenis tanaman buah tersebut ada baiknya pilih jenis yang menghasilkan buah yang ukurannya lebih kecil atau baby squash. Letakkan tanaman ini pada bagian bawah agar lebih mudah dirawat dan tanaman tidak menahan beban terlalu berat saat tanaman berbuah.

  • Microgreens

Sayuran microgreens atau sayuran yang dipetik saat usia muda seperti kubis, selada, kale, bunga matahari, lobak mini, seledri dan sayuran lain bisa diaplikasikan pada vertical garden. Menggunakan microgreens dalam vertical gardens tentunya akan lebih mudah dan efisien karena tidak memerlukan banyak perawatan dan perhatian khusus.

Demikian beberapa jenis tanaman pangan yang bisa ditanam dengan metode vertical garden. Pemilihan jenis sayuran tergantung selera dan kebutuhan masing-masing dan sebaiknya dipertimbangkan dengan matang sebelum menanamnya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *