Jenis- Jenis Tanaman Hias  Vertical Garden

Jenis- Jenis Tanaman Hias Vertical Garden

Urbanina.com – Memiliki taman di dalam area rumah tentunya akan memberikan keindahan dan kesejukan yang tersendiri bagi penghuninya. Saat ini masyarakat juga semakin menyadari bahwa dalam sebuah rumah yang sehat setidaknya terdapat tanaman di dalamnya. Tanaman menghasilkan oksigen yang berfungsi menyegarkan ruangan dan warnanya yang hijau bisa menyejukkan pandangan dan mengatasi mata yang lelah. Salah satu cara untuk menghadirkan sebuah taman didalam rumah adalah dengan menggunakan teknik vertical garden. Teknik tanam ini cocok digunakan untuk rumah yang tidak memiliki area yang luas untuk berkebun atau meletakkan tanaman, meskipun demikian tidak berarti bahwa rumah yang luas sekalipun tidak bisa memiliki vertical garden. Dalam membangun sebuah vertical garden, tanaman harus dipilih dengan seksama karena tidak semua tanaman cocok ditanam dengan teknik ini. Sebaiknya pilih tanaman yang berbobot ringan dan pertumbuhannya membutuhkan waktu yang lama. Hal ini akan memudahkan dalam perawatannya. Beberapa jenis tanaman hias yang bisa dijadikan pilihan dalam vertical garden ini antara lain sebagai berikut :

jenis tanaman hias

  • Sirih merah

Tanaman yang satu ini cocok ditanam sebagai salah stau tanaman dalam vertical garden. Daun sirih berwarna merah ini bisa menambah keindahan dinding rumah. Tanaman ini adalah tanaman menjalar dengan batang yang berbuku serta memiliki pertulangan daun berwarna perak serta dapat tumbuh dengan baik didaerah dengan cuaca yang teduh.

  • Kuping gajah

Tanaman hias yang satu ini banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dapat dikenali dengan mudah. Bentuk daunnya yang menyerupai kuping gajah atau berbentuk hati dengan helai daun berukuran besae dan berwarna hijau akan terlihat cantik ditanam pada kebuh vertikal Anda. Meskipun demikian jika Anda ingin menanamnya pada vertikal garden Anda, pilihlah jenis kuping gajah dengan ukuran daun yang lebih kecil karena akan mempengaruhi bobotnya.

  • Tanduk rusa

Bentuk tanaman ini sangat mudah dikenali, sesuai namanya tanaman ini berbentuk seperti tanduk rusa. Sebenanrnya tanaman ini tergolong sebagai tanaman paku dan berkembang biak dari spora. Tanaman ini sangat menyukai tempat yang teduh dan lembab. Tips menanam tanaman ini pada vertical garden, sebaiknya jangan menanamnya terlalu banyak karena helai daunnya yang panjang bisa menutupi tanaman lain yang ditanam pada dinding vertical garden tersebut.

  • Lipstick plant

Lipstick plant ayau yang juga dikenal dengan sebutan bunga lipstik bisa menjadi salah satu alternatif tanaman yang ditanam pada vertical garden. Bunganya yang cantik dan berwarna merah tersebut akan menambah semarak dalam kebun Anda.

  • Lili paris

Jenis tanaman hias lili yang satu ini memiliki daun berukuran kecil dengan ukuran yang panjang. Cocok dijadikan tanaman hias pada vertical garden karena selain cantik, tanaman ini juga mudah dirawat. Tanaman ini akan tumbuh dengan sangat baik pada dinding yang teduh dan terlindung dari cahaya matahari langsung.

  • Pakis pedang

Jenis tanaman hias paku yang satu ini memiliki daya adaptasi yang tinggi dan dapat tahan tumbuh didaerah dengan kelembaban yang tinggi oleh sebab itu tanaman ini cocok digunakan atau ditanam didinding yang berada dekat kolam untuk menambah keindahan area sekitar kolam itu sendiri.

  • Crypthantus

Warna-warni cryphtantus yang menarik hati akan sangat cocok disandingkan dalam sebuah vertical garden. Hanya dengan menggunakan satu jenis tanaman hias saja Anda bisa memiliki sebuah dinding dengan tanaman yang berwarna-warni misalnya merah, hijau, abu-abu, maupun dengan garis putih.

Selain tanaman-tanaman tersebut ada banyak jenis tanaman hias yang bisa ditanam pada vertical garden dan tentunya pilihannya sesuai selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *