Hobi Bertani Hidroponik, Hobi Bertani Penuh Kemudahan dan Variasi

Hobi Bertani Hidroponik, Hobi Bertani Penuh Kemudahan dan Variasi

Urbanina.com – Hobi bertani hidroponik sudah banyak digemari masyarakat luas di Indonesia. Terutama bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk bercocok tanam. Hal ini tentu karena keunggulan system bercocok tanam dengan system hydroponic itu sendiri. Dengan hidroponik ini, tanaman yang ditanam akan relative terhindar dari hama, yang membuat orang lebih senang dengan tanaman bebas hama tersebut.

Masyarakat yang memilih hobi bertani hidroponik, tentu memiliki selera masing-masing dalam menyalurkan hobi tersebut. Dan untungnya, system bertani hidroponik memang memiliki bermacam-macam variasi dalam mempraktekkannya. System bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini telah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan sehingga para hobiis tinggal memilih cara yang menurut mereka cocok.

Diselang kesibukan dan rutinitas para hobiis, mereka tetap dapat menyalurkan hobi mereka untuk bercocok tanam, yaitu dengan system bertani hidroponik. Hal ini tak lepas dari keunggulan system hidroponik tersebut. Bagaimana tidak, bertani hidroponik ini dapat dilakukan diluar ruangan maupun didalam ruangan. Jadi, bagi para hobiis yang kiranya tidak memiliki halaman luas, mereka dapat  menggunakan ruangan tertutup di rumahnya.

hobi bertani hidroponik

Dengan kapasitas ruangan yang bervariasi luasnya, para hobiis juga dapat menyesuaikan jumlah tanaman yang akan ia tanam dengan system hidroponik ini. Hobi bertani hidroponik tidak mengharuskan pelaku hobi untuk menanam tanaman dengan jumlah tertentu. Wajar saja karena hanya dilakukan untuk sekedar hobi, tetapi itu juga merupakan keunggulan dari system hidroponik ini. Dengan menggunakan system hidroponik, para hobiis bisa menanam tanaman sebanyak ratusan atau puluhan tanaman di rumahnya. Tergantung waktu luang yang dimiliki para hobiis, mereka dapat menentukan sendiri jumlah tanaman yang akan mereka tanam.

Adapun tanaman yang banyak digemari hobiis ialah tanaman sayur-sayuran. Bisa saja mereka menanam tanaman bayam dan slada di halaman rumah mereka, dengan hidroponik ini. Tetapi, walaupun  menanam bayam dan slada hanya sebagai hobi, hasil dari tanaman ini dapat untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur mereka. Selain senang karena terpenuhi hobinya, juga kenyang karena bayam lauk-pauknya.

Karena banyaknya hobiis yang tersebar diseluruh Indonesia, tak jarang mereka membuat komunitas hidroponik di media social di internet. Dengan media tersebut, para hobiis dapat saling berbagi mengenai hobi bertani hidroponik yang mereka geluti. Adapun halaman facebook kami yang membahas mengenai hal tersebut, yaitu facebook.com/urbaninauntuksemua dan faceboook.com/hidoponikforall.

Melalui media social ini, para hobiis juga bisa kemudian saling mengenal satu sama lain. Bahkan dari situ ada juga yang kemudian menyelenggarakan pertemuan antar penggemar sekaligus menunjukkan kreasi masing-masing hobiis dalam bertani hidroponik. Pengalaman yang berbeda-beda yang didapat dari bertanam hidroponik tentu akan menghasilkan hasil tanaman yang berbeda pula.

Mereka juga dapat bertukar pendapat mengenai motivasi mereka melakukan tanam system hidroponik ini. Salah satu motivasinya ialah karena para hobiis ingin hidup dengan mengkonsumsi sayuran sehat, disamping menyukai bercocok tanam. Hal ini dapat diterima, karena hasil tanaman yang dihasilkan dari system hidroponik ini memiliki kualitas tinggi dikarenakan terhindar dari hama yang berasal dari tanah.

Pada akhirnya para hobiis dapat memiliki tempat untuk menyalurkan hobi mereka. Melalui system hidroponik ini, hobi bercocok tanam dapat dilakukan walaupun memiliki banyak kegiatan dan rutinitas. Ditambah dengan kemajuan teknologi, melalui media social hobiis dapat saling berinteraksi dan bertukar pengalaman dengan sesame hobiis. Seiring dengan wawasan yang bertambah luas, mereka dapat mencoba berbagai variasi tanaman yang ditanam dengan system hidroponik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *