Hidroton Adalah Media Tanam Yang Ideal Untuk Hidroponik

Urbanina.com – Hidroton adalah media tanam hidroponik yang dibuat dari bahan dasar lempung yang dipanaskan, memiliki bentuk bulatan-bulatan dan ukurannya bervariasi antara 1 – 2,5 cm. Di dalam bulatan-bulatan tersebut ada pori-pori yang bisa menyerap air beserta nutrisi sehingga bisa memelihara pasokan nutrisi untuk tanaman. Hidroton mempunyai pH netral dan stabil. Dengan bentuknya yang bulat dan tidak memiliki sudut, maka bisa menurunkan resiko merusak akar. Ruang diantara bulatan-bulatan itu baik bagi ketersediaan oksigen untuk akar. Hidroton bisa digunakan berulang kali, cukup dibersihkan saja dari kotoran (lumut/alga) bila akan dipergunakan untuk penanaman berikutnya.

Pembuatan hidroton memakai tanah liat sebab merupakan jenis tanah yang memiliki tekstur paling lengket (berlumpur) dan halus. Keistimewaan dari tanah liat adalah mempunyai pori-pori dengan ukuran kecil (pori-pori mikro) yang lebih banyak dibandingkan dengan pori-pori yang memiliki ukuran besar (pori-pori makro) sehingga mempunyai kemampuan mengikat air yang relatif kuat. Pori-pori mikro yaitu pori-pori halus yang mengandung udara atau air kapiler. Sedangkan pori-pori makro yakni pori-pori kasar yang mengandung udara atau air gravitasi yang cepat hilang. Ruang dari tiap-tiap pori-pori mikro memiliki ukuran amat sempit sehingga mengakibatkan sirkulasi udara atau air menjadi lama (lambat).

Hidroton Adalah Media Tanam Yang Ideal Untuk Hidroponik 2

Hidroton adalah media tanam hidroponik yang dibuat dari tanah liat dengan pembakaran dalam suhu tinggi, lebih dari 1000 derajat Celsius. Bentuknya seperti bola-bola kecil sebesar kelereng. Di Jerman buatan ini populer sekali di lingkungan petani hidroponik. Hidroton amat baik selaku media tanam sebab mempunyai aerasi yang cukup baik, pH netral dan stabil, bersih dan bisa menyimpan air dengan baik. Dengan bentuknya yang bulat, hidroton gampang untuk diterapkan dan tidak mengganggu susunan akar tanaman.

Hidroton mempunyai pH Netral. Hal ini penting dalam upaya bercocok tanam hidroponik untuk mempunyai media tumbuh yang tidak akan terlampau basa atau asam sehingga tidak usah khawatir mengenai masalah pembatasan atau media tanam disebabkan karena pH-nya yang kurang stabil. Hidroton dibuat dalam suhu tinggi sehingga kita tidak usah repot-repot untuk menyeterilkan media tanam dari berbagai penyakit diantaranya bakteri berbahaya pada media tanam dan patogen.

Hidroton bisa dipergunakan untuk tiap-tiap metode atau teknik penanaman dengan cara hidroponik. Hal ini bisa dijalankan pada sistem flow, drip dan ebb, deep water culture, dan NFT. Satu hal utama yang harus diingat adalah bahwa mutu hidroton yang baik itu dapat mengapung. Hidroton pun dapat digunakan pada media lain sebagai campuran. Campuran media tanam tanah ini baik sekali untuk pemadatan, aerasi dan drainase.

Hidroton adalah media tanam yang berbentuk bulatan-bulatan kecil yang dibuat dari tanah liat yang dibakar, seperti halnya batu bata merah. Bedanya memiliki bentuk bulatan kecil persis kelereng. Hidroton baik sekali untuk menahan tanaman, khususnya tanaman yang memiliki ukuran agak lebih besar, seperti timun, terong, cabai, tomat dan sebagainya. Hidroton cocok sekali untuk daerah lembab sebab sifatnya tidak menyerap dan menyimpan air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *