Hidroponik Pestisida Alami Amankah Bagi Kesehatan Kita?

Urbanina.com - Dalam budidaya hidroponik suatu tanaman membutuhkan perlakuan istimewa dibandingkan dengan tanaman yang dibudidayakan secara langsung ditanam di atas permukaan tanah. Disamping menjaga kadar air yang ada dalam media tanam hidroponik, menjaga tanaman dari kemungkinan adanya serangan hama dan penyakit juga perlu dilakukan. Biasanya dalam sistem hidroponik untuk mencegah dan mengatasi serangan hama dan penyakit dianjurkan untuk menggunakan pestisida alami. Lalu, hidroponik pestisida alami amankah bagi kesehatan kita? Pestisida adalah suatu obat-obatan yang amat penting untuk menanggulangi serangan hama dan penyakit yang ada pada tanaman. Saat Anda menanam tanaman di rumah, maka sudah pasti tanaman itu rentan sekali diserang hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang tidak segera diatasi akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Nah, untuk mengatasinya maka Anda bisa menggunakan pestisida alami. Hidroponik Pestisida Alami Amankah Pestisida alami atau biasa disebut juga dengan pestisida organik merupakan obat-obatan yang dipergunakan untuk menangani hama/penyakit pada tanaman hidroponik yang terbuat dari berbagai bahan yang tersedia secara alami di alam, baik tumbuh-tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme. Jika demikian, hidroponik pestisida alami amankah untuk dikonsumsi? Untuk menjawab apakah tanaman hidroponik yang menggunakan pestisida alami itu aman atau tidak terhadap kesehatan kita ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan-keuntungan dari penggunaan pestisida alami. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan pestisida alami pada tanaman hidroponik, diantaranya:
  • Karena bahan dasarnya dari bahan-bahan alami maka pastinya pestisida alami ini jadi amat ramah terhadap lingkungan. Oleh karena itu bahan-bahannya akan jadi lebih cepat terurai dan pengaruh dari racunnya pun tidak mengancam alam bebas.
  • Pestisida dari bahan alami mempunyai residu pestisida yang tidak akan tahan lama pada sebuah tanaman. Makanya Anda tidak usah cemas ketika mengonsumsi buah atau lalapan dari tanaman hidroponi yang disemprot dengan menggunakan pestisida alami (pestisida organik).
  • Karena terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah tersedia di alam, jadi tentunya memakai pestisida alami akan terasa lebih irit dilihat dari sisi anggaran. Dengan mempergunakan pestisida alami membuat tanaman akan terjaga kesehatannya dan biaya produksi yang dikeluarkan juga akan lebih murah dibandingkan dengan membeli pestisida kimia.
  • Pestisida dari bahan alami cenderung tidak akan mengakibatkan resistensi terhadap hama tanaman. Dengan demikian hama dan penyakit tanaman pun tidak akan menjadi kebal pada pestisida.
Cara kerja pestisida alami amat khusus, yakni  menekan perkembangan larva dan telur. Mengganggu pergantian kulit. Merusak komunikasi diantara serangga. Penolak makan. Menekan reproduksi pada serangga betina. Menurunkan nafsu makan. Mengisolasi kemampuan konsumsi serangga. Menekan perkembangan terhadap penyakit. Pestisida alami bisa diaplikasikan dengan memakai sprayer (alat semprot) seperti halnya pada pestisida kimia atau dengan menggunakan kuas untuk mengecat dinding,  bisa juga dari merang padi yang diikat. Jadi, hidroponik pestisida alami amankah bagi kesehatan kita? Jelas aman karena pestisida alami terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, residunya mudah terurai dan tidak menimbulkan resistensi terhadap hama dan penyakit tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *