Faktor yang mempengaruhi tanaman pada sistem tanam hidroponik

Faktor yang mempengaruhi tanaman pada sistem tanam hidroponik

Urbanina.com – Faktor yang mempengaruhi tanaman pada sistem tanam hidroponik ada cukup banyak. Sistem tanam hidroponik memang terdengan cukup rumit bagi mereka yang belum pernah mencobanya, akan tetapi jika sudah dipelajari dan dicoba maka sistem atau metode ini akan terasa mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Sistem tanam hidroponik cukup populer dikalangan petani dan mereka yang hobi berkebun. Ada berbagai metode yang dapat dipraktekkan oleh pemula maupun mereka yang sudah biasa bercocok tanam.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman pada sistem  tanam hidroponik diantaranya adalah

cara kerja sistem nft

  • Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan tumbuh sangat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman dan terkadang tanaman hanya dapat tumbuh pada kondisi atau lingkungan tertentu. Meskipun ditanam diluar ataupun di dalam, kondisi lingkungan yang harus tetap diperhatikan mencakup kelembaban, suhu dan sirkulasi udara. Beberapa tanaman hanya dapat tumbuh pada suhu tertentu misalnya sayuran seperti selada, atau buah-buahan seperti strawberry yang hanya dapat tumbuh di lingkungan yang sejuk. Jika tanaman ini dipaksakan tumbuh di daerah yang panas maka tanaman tidak dapat tumbuh meski ditanam di media hidroponik sekalipun.

 

  • Air dan Larutan Nutrisi

Air dan nutrisi adalah faktor yang paling penting dalam memulai metode tanam hidroponik. Air berfungsi sebagai pelarut nutrisi sekaligus zat penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Pada metode tanam hidroponik kondisi air harus sangat diperhatikan karena air yang kotor dapat menngganggu proses pertumbuhan tanaman. Saat tanaman tumbuh pada media tanah, tanah tersebut berfungsi menyaring zat-zat yang tidak diperlukan tanaman sehingga jika tidak menggunakan tanah dalam menanam tanaman perhatikan kondisi dan kualitas air dengan baik.

 

  • Cahaya

Dalam masa pertumbuhannya tanaman memerlukan cahaya terutama untuk proses fotosintesis. Metode dan sistem hidroponik memungkinkan tanaman untuk tumbuh di dalam ruangan dan tidak terpapar cahaya matahari langsung. Meskipun demikian tanaman yang tumbuh indoor atau di dalam ruangan tetap harus diperhatikan kebutuhan cahayanya. Untuk memenuhi kebutuhan cahaya tanaman, anda dapat meletakkan tanaman dalam ruangan yang memiliki jendela yang besar atau lampu LED, HID maupun fluoresens yang intensitasnya diatur sesuai dengan kebutuhan tanaman.

 

  • Pembibitan

Faktor pembibitan juga berpengaruh pada metode sistem tanam hidroponik. Bibit tanaman yang baik dapat tumbuh optimal pada media hidroponik sementara jika kualitas bibit buruk maka tanaman yang dihasilkan juga tidak berkualitas baik. Usahakan lakukan penyemaian dengan baik sebelum proses penanaman dan pindahkan bibit tanaman pada media hidroponik dengan cara yang benar.

 

  • Media tanam

Meskipun tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, metode sistem tanam hidroponik tetap memerlukan media tanam untuk mendukung pertumbuhan tanaman dan menyangga batang tanaman agar tetap tumbuh tegak. Banyak media tanam yang dapat digunakan dalam metode sistem tanam hidroponik diantaranya rockwool, hydroton, sekam, jkerikil, perlite, cocopeat dan lainnya disesuaikan dengan jenis tanaman atau metode hidroponik yang diaplikasikan.

 

  • Alat ukur

Metode sistem tanam hidroponik memerlukan perawatan yang cukup teratur jika ingin berhasil. pH dan suhu air serta kadar nutrisi harus dicek secara berkala karena tanaman hanya dapat tumbuh  pada kadar nutrisi dan pH atau kadar keasaman tertentu yakni 5,5 – 6,5. Peralatan yang digunakan untuk mengukur pH dan kadar nutrisi tersedia di toko-toko yang menjual peralatan pertanian dan peralatan ini dapat didapat dengan harga yang terjangkau.  Termometer, higrimeter dan timer adalah alat ukur lain yang tidak kalah penting untuk memastikan tanaman tumbuh pada kondisi lingkungan yang optimal.

semoga bermanfaat ya..

silahkan bantu like + share ke teman teman anda ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *