Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Nutrisi Hidroponik

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Nutrisi Hidroponik

Urbanina.com -Dalam membudidayakan tanaman, faktor nutrisi adalah salah satu hal vital yang harus diperhatikan dengan baik. Tanpa adanya nutrisi yang seimbang maka tanaman yang dibudidayakan dalam sistem hidroponik tidak dapat tumbuh dengan sempurna mengingat pada sistem hidroponik, pembudidaya tanaman menambahkan sendiri nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Hal ini tentunya berbeda dengan membudidayakan tanaman pada media tanah dimana nutrisi sudah tersedia dalam tanah tersebut. Media tanam yang digunakan dalam sistem hidroponik adalah media yang steril dan tidak mengandung unsur hara sama sekali sehingga sangat cocok digunakan bersama dengan larutan nutrisi. Sehingga, terdapat faktor-faktor yang berbeda dengan sistem konvensional.

faktor-faktor

Kadar nutrisi yang diberikan pada tanaman haruslah sesuai takaran dan kadar yang normal serta tidak melebihi satu sama lain. Kadar suatu unsure yang terlalu tinggi dapat mengganggu penyerapan unsure lainnya. Beberapa hal atau faktor juga dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi pada tanaman. Faktor-faktor tersebut antara lain :

  1. Keseimbangan pH

pH atau tingkat keasaman air dan nutrisi yang terlarut dapat mempengaruhi tingkat penyerapan nutrisi itu sendiri. Kadar pH normal dengan keseimbangan pH yang baik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tanaman. Rentang pH normal yang dapat ditolerir oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 6,3 hingga 6,8. Menjaga konsistensi pH suatu larutan nutrisi akan sangat membantu dalam membudidayakan tanaman dan memastikan tanaman memperoleh cukup nutrisi. Untuk mengetahui keseimbangan pH tersebut baiknya lakukan pengecekan secara teratur dan jika kadarnya terlalu rendah atau terlalu tinggi segera beri perlakuan.

  1. Suhu

Faktor lain yang sangat berpengaruh pada penyerapan nutrisi adalah suhu atau temperatur. Suhu yang paling baik untuk penyerapan nutrisi adalah suhu normal, tidak terlalu hangat dan tidak juga terlalu dingin. Suhu yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi tentunya akan mengganggu penyerapan nutrisi. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengukur suhu air dan larutan secara teratur dan pastikan iar dalam suhu normal, jika tidak segera kendalikan suhu tersebut.

  1. Kadar nutrisi terlarut

Kadar nutrisi yang terlarut akan sangat mempengaruhi penyerapan unsur hara oleh tanaman. Pastikan kadar nutrisi selalu terjaga dengan baik dan tidak melebihi ukuran tertentu. Jika kadar nutrisi terlalu rendah maka tanamanpun tidak bisa menyerapnya secara optimal sementara jika kadar nutrisi terlalu tinggi maka beberapa unsur hara mungkin tidak bisa diserap oleh tanaman sehingga menyebabkan gejala defisiensi pada tanaman. Seperti halnya jika kadar magnesium terlalu tinggi penyerapan unsure lain seperti kalsium dan potassium bisa terganggu.

  1. Akar tanaman

Dari faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, akar tanaman adalah hal yang paling mempengaruhi penyerapan nutrisi karena sebagaimana kita tahu bahwa akar adalah organ tubuh tumbuhan yang menyerap nutrisi. Jika akar tidak tubuh dengan baik tanaman tidak akan mendapat cukup nutrisi meskipun nutrisi sudah seimbang dan faktor-faktor lainnya tetap terpenuhi. Oleh sebab itu pertumbuhan akar harus selalu diamati dan bila perlu gunakan suplementasi untuk merangsang pertumbuhan akar agar tanaman dapat menyerap nutrisi lebih baik.

Demikian faktor-faktor yang dapat memperngaruhi penyerapan nutrisi pada tumbuhan. Akan sangat bijaksana jika kita bisa memenuhi semua faktor pendukung tersebut dan memilih nutrisi yang sesuai untuk media tanam hidroponik yang digunakan. Pastikan anda menggunakan nutrisi khusus hidroponik atau nutrisi yang anda buat sendiri dengan takaran yang tepatdan kualitas yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *