Cara Menyemai Benih Mentimun Menggunakan Rockwool

Urbanina.com– mentimun merupakan salah satu buah kesukaan anak-anak. Tidak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang jga hobi mengkonsumsi buah yang satu ini. Disamping buah tersebut banyak disukai oleh masyarakat, memang banyak kandungan gizi yang terkandung didalam buah mentimun tersebut. Sebaian orang yang suka dengan buah mentimun bisa memanfaatkan mentimun sebagai tanaman yang ditanam di kebun mereka. Karena kita tahu bahwa indonesia merupakan negara agraris yang didalamnya juga banyak masyarakat yang menyukai hobi bercocok tanam tersebut. Para hobiis tersebut bisa menanam tanaman buah mntimun tersebut dimulai dari biji. Cara menyemai buah mentimun dari biji pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dipraktekan langsung di rumah.

cara menyemai benih mentimun

Bagi mereka yang mau menanam mentimun dari bji, tentu saja mereka harus memperhatikan ketersediaan alat dan bahan penanaman yang tersedia. Karena kita tahu bahwa ada banyak sistem tanam yang bisa dipilih oleh seseorang yang bisa memudahkan mereka untuk menanam buah mentimun teresbut. Mulai dari cara menyemai buah mentimun hingga panen tentu saja semua bisa disesuaikan dengan mudah berdasarkan ketersediaan alat dan bahan yang tersedia. Adapun cara menyemai buah mentimun dari biji sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara yang bisa juga disesuaikan dengan alat bahan yang tersedia. Adapun bagi mereka yang tidak memiliki lahan yang cukup, mereka tidak harus menyemai buah mentimun yang mereka miliki menggunakan tanah. Karena cara menyemai buah mentimun bisa dilakukan menggunakan media tanam lain selain tanah.

Salah satu cara untuk menyemai buah mentimun adalah dengan cara menggunakan rockwool. Rockwool adalah salah satu jenis media tanam yang kini banyak digunakan sebagai media tanam penanaman hidroponik. Fungdi rockwool untku penyamaian adalah sebagai media semai untuk menggantikan tanah apabila tidak memiliki lahan yang cukup. Dengan menggunakan rockwool tersebut maka nyemaian tidak perlu lagi menggunakan tanah karena rockwool tersebut memiliki kelebihannya sendiri yang bisa digunakan esbagai media tanam yang baik untuk tanaman yang ditanam menggunakannya. Dan berikut ini adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menyemai buah mentimun menggunakan rockwool tersebut.

  1. pertama-tama siapkan terlebih dahulu rockwool yang akan digunakan sebagai media semai.
  2. lalu, basahi rockwool tersebut menggunakan air secukupnya hingga menjadi lembab.
  3. buatlah lubang tanam pada rockwool dengan cara menggunakan tusuk gigi atau alat semacamnya.
  4. setelah itu, buka kemasan buah mentimun yang akan disemai menggunakan rockwool tersebut.
  5. masukan beberapa benih kedalam lubang tanam pada rockwool yang telah disiapkan.
  6. tutup semaian dengan menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  7. tunggu hingga pecah benih, dan setelah pecah benih penutup semaian bisa dibuka dan langsung kenakan benih ke sinar matahari agar semaian tidak kutilang.

Demikian diatas adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penyemaian pada benih buah mentimun. Dengan menyemai menggunakan rockwool, maka anda tidak perlu lagi menyiapkan tanah untuk penyemaian tersebut. Adapun dengan menggunakan rockwool tersebut maka tanaman akan lebih mudah disemai karena daya serap air yang dimiliki rockwool mampu untuk menjaga kelembaban benih sehingga cocountuk proses penyemaian benih buah mentimun tersebut. Adapun yang perlu dilakukan agar semaian bisa tumbuh dengan baik adalah dengan memperhatikan proses pecah benih yang terjadi pada benih yang disemai. Akan lebih baik kalau benih yang disemai menggunakan rockwool tersebut dengan segera dikenakan ke sinar matahari apabila memang sudah pecah benih. Hal ini untuk menghindari terjadinya kutilang pada semaian pada rockwool. Nah, bagi anda yang mau order rockwool, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *