Cara Menyemai Benih Basil Red Leaves

Urbanina.com – tanaman herbal merupakan tanaman yang didalamnya banyak mengandung zat alami yang berguna untuk berbagai keperluan herbal. Adanya tanaman herbal telah disambut baik yang ditandai dengan mulai berkembangnya hobiis tanaman herbal yang tersebar di berbagai wilayah di indonesia. Salah satu jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan adalah tanaman basil red leaves. Selain banyak manfaatnya, cara penanaman tanaman basil red leaves tersebut pun tidak terlalu sulit. Mulai dari cara menyemai benih basil red leaves hingga cara pemanenan semua bisa dilakukan dengan mudah. Adapun tanaman basil tersebut juga bisa ditanaman di berbagai sistem tanam. Sehingga cara menyemai benih basil red leaves menjadi lebih menyenangkan dengan banyaknya piihan sistem tanam tersebut.

cara menyemai benih basil red leaves

Memang benar kalau tanaman basil tersebut selain cara menyemai benih basil red leaves tidak terlalu sulit, tanaman basil tersebut juga memiliki banyak manfaat sebagaimana tanaman herbal lain pada umumnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kandungan baik pada tanaman basil tersebut. Berbagai zat penting seperti vitamin a dan e, protein, serat hingga kalsium, semua terkandung pada tanaman basil tersebut. Sehingga tidak heran kalau dengan menggunakan tanaman basil tersebut seseorang bisa memperoleh berbagai manfaat seperti mata yang terjaga kesehatannya, memiliki daya tahan tubuh yang terjaga serta bisa memiliki jantung yang terlindungi.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada tanaman basil tersebut tentu saja menjadikan banyak orang tertarik untuk menggunakan tanaman basil sebagai tanaman herbal. Tentu saja ada banyak cara yang bisa dilakukan bagi seseorang yang ingin memanfaatkan tanaman basil tersebut sebagai tanaman herbal. Bagi mereka yang hobi berkebun, menanam tanaman basil red leaves di rumah bia menjadi daya tarik tersendiri. Selain bisa memanfaatkan tanaman basil herbal, sekaligus bisa menyalurkan hobi bertanam mereka dengan menanam tanaman basil tersebut. Namun, sebelum memulai penanaman langkah yang perlu dilakukan adalah penyemaian benih basil red leaves terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara menyemai benih basil red leaves yang bisa anda lakukan di rumah.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu rockwool sebagai media semai.
  • Basahi rockwool menggunakan air hingga menjadi lembab.
  • Setelah itu, buat lubang tanam dengan cara melubangi rockwool menggunakan tusuk gigi atau semacamnya.
  • Buka kemasan benih basil red leaves, lalu siapkan benihnya untuk disemai.
  • Letakkan benih basil red leaves tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan.
  • Setelah selesai, tutup semaian menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  • Tunggu hingga semaian tersebut pecah benih.
  • Setelah pecah benih, maka buka penutup semaian lalu kenakan semaian ke sinar matahari.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk cara penyemaian benih basil red leaves. Cara penyemaian tersebut sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi kalau kelembaban yang ada di lingkungan sekitar tempat semaian sangat mendukung. Adapun satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa untuk menjaga kelembaban media tanam. Sehingga, perlu dilakukan penyiraman secukupnya pada area media tanam atau rockwool apabila tanaman mengalami kekeringan terutama saat semaian tersebut telah dikenakan ke sinar matahari tentu saja akan mengalami penguapan yang cukup tinggi. Dengan begitu, maka proses penyemaian akan lebih lancar sehingga semaian basil red leaves tidak kutilang. Nah, bagi anda yang mau order benih basil red leaves, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *