Cara Mencegah Pembusukan Akar Pada Sistem Hidroponik

Cara Mencegah Pembusukan Akar Pada Sistem Hidroponik

Urbanina.com – Akar adalah organ tumbuhan yang paling penting dalam hal penyerapan nutrisi dan mendukung pertumbuhan tanaman. Tanpa akar yang sehat tanaman tidak akan bertahan hidup dan tidak bisa mendapatkan suplai nutrisi dengan baik. Dan diperlukan upaya mencegah pembusukan akar pada tanaman ini. Dalam budidaya tanaman dengan cara hidroponik, tanaman seringkali mengalami masalah terutama bagian akar. Akar tanaman yang ada dalam media hidroponik rawan mengalami masalah pembusukan. Banyak pembudidaya tanaman yang banyak menemukan hal ini terjadi pada akar tanaman dan jika dibiarkan maka hasilnya tidak akan baik.

mencegah pembusukan akar

Mencegah Pembusukan Akar

Akar perlu dijaga, sehingga diperlukan upaya mencegah pembusukan akar. Dalam sistem hidroponik, pembusukan akar dapat terjadi apabila akar terlalu banyak terekspos atau terlalu lama terendam dalam air. Hal ini tentunya berkaitan dengan masalah irigasi tanaman dan sirkulasi udara dalam media tanam hidroponik. Masalah ini kerap kali terjadi pada sistem atau metode hidroponik yang sifatnya pasif atau akar tanaman dibiarkan terendam dalam air dalam waktu yang cukup lama seperti halnya dalam sistem wick atau sistem sumbu, dan sistem deep water culture atau sistem raft.

Selain sirkulasi air, sirkulasi udara atau oksigen juga menentukan pertumbuhan akar. Tanpa sirkulasi udara yang baik, akar tanaman tidak bisa tumbuh dengan sempurna dan dapat mengalami gangguan. Hal ini prnting dalam upayamencegah pembusukan akar. Akar yang tidak mendapatkan cukup oksigen cenderung mengalami banyak masalah dan akhirnya mengalami pembusukan.  Untuk mencegah terjadinya pembusukan pada akar tanaman ada beberapa yakni dengan menggunakan air stones dan air diffuser.

  • Air stones atau aquarium bubblers adalah batu berporos yang biasa diletakkan dalam suatu akuarium tradisional untuk mendifusikan oksigen secara perlahan-lahan. Meletakkan air stones dalam air dan larutan nutrisi yang ada dalam tangki hidroponik dapat membantu memenuhi suplai oksigen yang dibutuhkan tanaman.
  • Air diffuser, selain menggunakan air stones, untuk menjaga suplai dan aliran oksigen dalam perangkat hidroponik. Air diffuser adalah alat yang hampir sama dengan alat penyuplai oksigen dalam akuarium ikan. Alat ini memang lebih mahal dari air stones tapi memiliki efektifitas suplai oksigen yang lebih tinggi dan juga lebih awet dan tahan lama.

Mengatasi Pembusukan Akar

Jika metode pencegahan tidak mampu menghalangi pembusukan akar dan masalah ini menimpa tanaman budidaya yang anda tanam maka segera beri perlakuan untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah pembusukan akar bukanlah masalah yang sepele karena hal ini bisa menyebabkan gagal panen terutama jika hal ini terjadi pada sebagian besar tanaman. Jika hal ini terjadi sebaiknya keluarkan tanaman sementara dari perangkat hidroponik dan bersihkan perangkat menggunakan cairan pembersih seperti klorin atau dengan menggunakan air bersih. Pastikan tidak ada garam mineral yang mengendap dalam tangki atau wadah air dan nutrisi.

Membersihkan dan mengeset ulang perangkat hidroponik anda bisa membantu mengatasi masalah akar tanaman yang membusuk. Bersihkan sistem dengan baik dan letakkan kembali tanaman yang dipindahkan sementara ke dalam perangkat hidroponik yang telah dibersihkan. Jika perlu gunakan juga enzim yang  dapat mensterilisasi perangkat hidroponik anda.

Selain disebabkan oleh tingkat sirkulasi udara dan air yang tidak baik, pembusukan akar tanaman juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti iklim dan suhu ruang. Untuk menghindari pembusukan akar yang diakibatkan oleh dua faktor tersebut sebaiknya anda mengetahui dengan baik suhu dan iklim yang sesuai untuk budidaya tanaman secara hidroponik dan juga mengetahui bagaimana cara mengontrol kedua faktor tersebut dengan baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *