Cara Menanam Wortel Dengan Sistem Guyurponik

Urbanina.com – wortel merupakan salah satu sayuran yang paling dikenal oleh masyarakat indonesia. Sayuran tersebut merupakan sayuran yang sangat dibutuhkan terutama oleh anak-anak agar bisa memenuhi gizi seimbang dalam tubuhnya. Sehingga, tidak heran kalau ada banyak menu olahan wortel ini yang banyak disukai oleh anak-anak. Dengan menyukai masakandari wortel tersebut diharapkan agar anak-anak juga akan suka mengkonsumsi sayuran wortel sekaligus bisa mendapatkan gizi yang terkandung didalam sayuran wortel tersebut. Dan untuk memenuhi kebutuhan gizi wortel tersebut sebenarnya masyrakat bisa membudidayakan cara menanam wortel yang diaplikasikan di kebun maupun di pekarangan sendiri. Dengan begitu, maka mereka bisa kapan saja memanen wortel tersebut tanpa harus membeli di pasar.

cara menanam wortel

Pada dasarnya menanam sayuran wortel di rumah tidak lah sesulit yang dibayangkan. Karena cara menanam wortel tersebut memiliki prinsip yang sama dengan sistem penanaman tanaman pada umumnya. Apalagi negara indonesia merupakan negara agraris yang membuat orang tidak lagi merasa asing dengan cara bercocok tenam ini. Cara bercocok tanam telah menjadi seperti tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Adapun cara menanam wortel ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sesusai dengan ketersediaan alat dan bahan yang tersedia oleh penanam itu sendiri. Salah satu sistem tanam yang mudah dilakukan untuk menanam wortel tersebut adalah cara menanam wortel dengan sistem guyurponik.

Sistem guyurponik sendiri sebenarnya adalah sistem tanam yang baru dan merupakan sistem yang prinsipnya sama dengan sistem penanaman hidroponik. Yaitu sistem penanaman yang lebih mengandalkan kekuatan air dengan dibantu oleh penggunaan nutrisi sebagai pengganti pupuk pada umumnya. Dan sistem guyurponik ini lebih simpel dari pada sistem hidroponik karena tidak perlu lagi menyalakan pompa menggunakan arus listrik untuk mengalirkan air nutrisinya. Karena sistem guyurponik tersebut pemberian air nutrisinya tinggal disiramkan atau diguyurkan langsung ke tanaman. Sehingga, sistem guyurponik ini cocok bagi mereka yang tidak ingin boros ketika bertanam hidroponik. Berikut ini adalah langkah-langkah penanaman wortel dengan sistem guyurponik.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu rockwool dan benih wortel untuk disemai.
  • Basahi rockwool hingga rockwool dalam keadaan lembab kemudian buat lubang tanam pada rockwool tersebut.
  • Buka kemasan benih wortel, lalu letakkan benih kedalam lubang tanam tersebut.
  • Tutup semaian dengan penutup semaian dan tunggu hingga semaian berhasil pecah benih.
  • Setelah itu, larutkan nutrisi hidroponik sayuran buah yang nanti akan digunakan untuk mengguyur tanaman wortel.
  • Apabila pelarutan nutrisi telah selesai, simpan nutrisi tersebut didalam botol atau ember yang terpisah dan terjaga.
  • Setelah itu, siapkan polibag dengan ukuran diameter minimal 20cm.
  • Lalu, campurkan sekam bakar dengan cocopeat masing-masing dengan perbandingan 1:1. Gunakan campuran ini sebagai media tanam.
  • Masukkan media tanam yang telah siap kedalam polibag lalu buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Untuk semaian yang telah pecah benih dan telah siap¬† pindah tanam, anda bisa langsung pindah tanam semaian wortel tersebut dengan meletakkan kedalam lubang tanam yang telah disiapkan.
  • Dan setelah itu, siramkan larutan nutrisi secukupnya pada akar tanaman wortel agar bisa tumbuh dengan baik di sistem guyurponik ini.

Itulah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam wortel dengan sistem guyurponik. Sistem penanaman ini tidaklah sulit untuk dilakukan dan bahkan bisa dilakukan di rumah sendiri tanpa harus menggunakan listrik. Nah, bagi anda yang mau order benih sayuran wortel untuk ditanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *