Cara Menanam Tanaman Red Paprika Dengan Sistem Guyurponik

Urbanina.com – paprika merupakan salah satu sayuran buah yang banyak digemari oleh mereka yang suka dengan masakan pedas. Sebenarnya parika tersebut banyak yang menyebutkan sebagai buah dan bukan sayuran. Namun, dikarenakan fungsi paprika yang juga sering digunakan bersamaan dengan berbagai sayuran, maka tidak ada salahnya menyebutkan paprika sebagai salah satu sayuran buah seperti yang terjadi ada sayuban buah terong dan mentimun. Paprika sendiri memiliki banyak jenis atau macam varietas yang bervariasi seperti red paprika, paprika ungu, paprika kuning dan lain-lain. Dan bagi mereka yang suka dengan sayuran buah paprika ini akan lebih menyenangkan apabila bisa mempraktekan cara menanam tanaman red paprika di rumahnya sendiri. Sehingga ketika sewaktu-waktu membutuhkan sayuran buah tersebut bisa langsung tinggal petik tanpa harus pergi ke pasar.

Cara Menanam Tanaman Red Paprika

Sebenarnya terdapat berbagai cara menanam tanaman red paprika yang bisa dipraktekan di rumah yang sesuai dengan ketersediaan alat dan bahan untuk penanaman. Adapun berbagai cara menanam tanaman red paprika tersebut diantaranya adalah dengan sistem organik, hidroponik, dan bisa juga dengan sistem guyurponik. Dengan banyaknya cara tanam yang bisa dilakukan tersebut, maka penanam bisa dengan mudah memilih cara menanam tanaman red paprika yang menurutnya yang paling mudah untuk dikerjakan. Adapun penanaman sayuran buah red paprika dengan cara guyurponik bisa menjadi salah satu yang anda praktekan karena sistem tersebut tidak sulit untuk dilakukan dan bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.

Sistem guyurponik yang digunakan untuk menanam sayuran buah paprika tersebut memang bukanlah sistem yang terlalu rumit untuk dilakukan. Sistem tersebut sebenarnya merupakan salah satu sistem tanam yang mengadopsi sistem hidroponik. Namun, pada sistem guyurponik tersebut proses penanamannya bisa lebih sederhana dibandingkan dengan sistem hidroponik itu sendiri dikarenakan sistem guyurponik tersebut tidak membutuhkan aliran listrik. Oleh sebab itu, untuk bertanam tanaman red paprika dengan sistem guyurponik tersebut tentu saja lebih mudah untuk dilakukan dan bagi anda yang masih pemula sekalipun tetap bisa mempraktekannya. Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk bertanam red paprika dengan sistem guyurponik ini.

  • Terlebih dahulu siapkan rockwool lalu basahi dengan air hingga rockwool menjadi lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool tersebut.
  • Buka kemasan benih red paprika, lalu letakkan benih tersebut ke dalam lubang tanam yang telah dibuat.
  • Setelah itu, tutup semaian tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau gelap.
  • Tunggu hingga benih pecah benih.
  • Apabila telah pecah benih, buka penutup semaian dan kenakan semaian tersebut ke sinar matahari dan tunggu hingga semaian siap pindah tanam.
  • Siapkan sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1:1.
  • Campurkan kedua bahan tersebut di tempat terpisah hingga merata, dan gunakan campuran tersebut sebagai media tanam.
  • Siapkan polibag dengan ukuran minimal berdiameter 20 cm, lalu masukkan media tanam kedalam polibag tersebut.
  • Lalu, larutkan nutrisi hidroponik sayuran buah paprika dan letakkan kedalam botol atau ember agar lebih mudah penyimpanannya.
  • Apabila semaian telah siap pindah tanam, langsung pindahkan semaian tersebut ke media tanam didalam polibag dengan cara ditanam sekalian dengan rockwoolnya.
  • Dan setelah itu, guyur atau siram tanaman dengan larutan nutrisi yang telah disimpan didalam botol tersebut.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk bertanam red paprika dengan sistem guyurponik. Adapun sebaiknya tanaman tersebut diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik. Nah, bagi anda yang mau order sekam bakar untuk bertanam red paprika tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *