Cara Menanam Kubis Merah Di Polibag

Urbanina.com – sayuran sudah menjadi menu utama yang telah banyak disajikan sejak zaman nenek moyang. Banyak menu yang terbuat dari sayuran dan memang banyak pula manfaat yang bisa didapakan dari sayuran tersebut. Ada banyak jenis sayuran yang bisa dibuat sebagai lauk seperti sayuran kangkung, bayam, sawi hingga sayuran kubis merah. Adapun salah satu sayuran yang menarik untuk dimasak adalah sayuran kubis merah. Kita tahu kubis biasanya berwarna putih, tetapi kini ada kubis juga tetapi dengan warna merah yang kemudian disebut kubis merah. Bagi mereka yang suka jenis kubis ini, mereka bisa memproduksi sendiri dengan cara menanam kubis merah tersebut di pekarangan rumah atau di kebun.

cara menanam kubis merah

Sayuran kubis merah tidak hanya disukai oleh para vegetarian saja. Banyak juga dari pecinta berkebun yang menyukai sayuran yang satu ini. Selain cara menanam kubis merah yang cukup mudah, sayuran yang satu ini juga memiliki daya tarik tersendiri karena keunikannya. Mungkin cara menanam kubis merah bisa dipelajari oleh siapa saja, akan tetapi untuk mendapatkan keunikan dari sayuran tersebut terkadan bukan lah hal yang mudah bagi setiap penanam. Karena kita tahu setiap penanam tentu menginginkan hal unik tersendiri dari setiap tanaman atau sayuran yang mereka tanam. Adapun bagi mereka yang mau menanam kubis merah di rumah sekedar untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mereka bisa melakukan cara menanam kubis merah di polibag yang sederhana.

Sebenarnya ada banyak sistem yang bisa diaplikasikan untuk menanam sayuran unik kubis merah ini seperti sistem organik, hidroponik maupun aquaponik. Namun, terkadang berbagai sistem yang dilakukan untuk menanam sayuran kubis merah tersebut terlalu banyak memerlukan peralatan yang sulit untuk didapatkan. Nah, dengan menanam sayuran kubis merah menggunakan polibag ini diharapkan para penanam bisa mendapatkan peralatan untuk bertanam dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Selain itu, dengan menggunakan polibag ini, penanaman akan lebih bisa menghemat lahan atau menghemat tempat sehingga penanam tidak perlu membutuhkan tempat yang terlalu luas untuk penanaman kubis merah tersebut. Adapun langkah-langkah penanaman kubis merah bisa dilakukan sebagai berikut.

  • Pertama-tama siapkan polibag dengan ukuran diameter minimal 60 cm.
  • Setelah itu, siapkan juga cocopeat dan sekam bakar.
  • Campurkan cocopeat dan sekam bakar tersebut hingga keduanya menjadi satu dan merata dan siap digunakan sebagai media tanam.
  • Masukkan media tanam tersebut ke polibag yang telah disiapkan.
  • Buat lubang tanam pada media tanam yang telah dimasukan ke polibag tersebut.
  • Lalu, siapkan semaian sayuran kubis merah yang sudah siap pindah tanam dan letakkan pada lubang tanam yang telah disiapkan tersebut.
  • Tutup kembali lubang tanam yang telah ditanam sayuran kubis merah tersebut, lalu guyur dengan larutan nutrisi secukupnya.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam sayuran kubis merah menggunakan polibag. Adapun untuk mendapatkan hasil yangm maksimal dari penanaman tersebut ada baiknya untuk mengenakan tanaman ke sinar matahari minimal lima jam per hari. Dengan begitu, maka sayuran akan lebih mudah dalam mendapatkan sinar matahari dan bisa tumbuh dengan lebih maksimal. Adapun untuk mendapatkan sayuran kubis merah yang tumbuh maksimal tentu saja dibutuhkan perawatan yang bagus pula. Penyiraman tanaman menggunakan larutan nutrisi tentu saja tidak boleh dilewatkan agar tanaman terus mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan untuk bisa tumbuh dengan maksimal. Nah, bagi anda yang mau order nutrisi tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *