Cara Menanam bayam Hidroponik

Cara Menanam bayam Hidroponik

bayam hidroponikurbanina.com – cara menanam bayam hidroponik. Metode hiroponik merupakan salah satu media yang efisien digunakan untuk menanam sayuran. Metode ini cocok diterapkan pada daerah yang minim lahan seperti di perkotaan. Jika anda memiliki lahan disekitar rumah anda yang tidak bertanah dan tidak bisa ditanami, anda dapat mencoba metode hidroponik baik yang sederhana maupun menggunakan peralatan yang cukup rumit, namun jika anda seorang pemula sebaiknya praktekkan metode hidroponik sederhana yang mudah dilakukan.

Ada banyak jenis tanaman terutama sayuran yang dapat ditanam dengan media hidroponik contohnya sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sayuran ini memiliki kadar gizi yang tinggi sangat baik bagi kesehatan sehingga tidak heran  , bayam banyak diminati oleh masyarakat terutama untuk konsumsi sehari-hari. Menanam bayam dengan metode hidroponik pun cukup sederhana dan mudah serta hasilnya dapat anda nikmati kapan saja jika tanaman sudah dapat dipanen. Berikut ini penjelasan mengenai cara menanam bayam dengan metode hidroponik water culture atau floating hydroponic system.

  1. Persiapan alat dan bahan

Sebelum memulai proses penanaman persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan diantaranya :

  • Box kayu atau plastik dengan ketinggian minimal 30cm yang digunakan untuk menampung air dan nutrisi.
  • Styrofoam atau busa yang digunakan untuk meletakkan wadah media tanam. Ukuran styrofoam harus disesuaikan dengan ukuran tutup box wadah nutrisi dan dilubangi sesuai ukuran netpot atau wadah media tanam yang digunakan.
  • Wadah media tanam berupa netpot atau gelas plastik yang dilubangi.
  • Media tanam rockwool atau hydroton yang dapat didapatkan di toko pertanian atau online shop yang menjual peralatan hidroponik. contoh bisa ke www.store.urbanina.com
  • Benih bayam, pilihlah benih yang berkualitas dan telah teruji. Usahakan membeli benih bayam dalam kemasan aslinya.
  • Nutrisi khusus hidroponik misalnya nutrisi siap pakai Ab Mix yang dapat diperoleh di toko yang menjual peralatan hidroponik.
  • Wadah dan media semai untuk menyemai benih menjadi bibit.

 

  1. Penyemaian benih

Proses pertama dalam menanam bayam adalah menyemai benihnya pada media tanam rockwool. Sebelum diletakkan pada media tanam, benih dapat direndam dahulu dengan air hangat selama satu jam.Anda dapat memotong rockwool dengan ukuran 2x2cm berbentuk dadu kemudia lubangi bagian tengahnya untuk memasukkan sebutir benih di dalamnya. Letakkan rockwool tersebut pada wadah semai dan masukkan biji satu persatu kemudian basahi rockwool dengan air. Tutup wadah semai dengan plastik hitam dan tunggu biji berkecambah selama kurang lebih dua hari. Setelah berkecambah bibit dapat diletakkan pada ruangan bercahaya dan setelah daunnya tumbuh dua hingga empat, bibit sudah bisa diletakkan pada media tanam hidroponik.

 

  1. Persiapan air dan nutrisi

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan nutrisi dan air yang akan diserap oleh tanaman. Nutrisi abmix siap pakai harus dilarutkan pada air dengan takaran sesuai petunjuk pada kemasan atau biasanya 5ml dalam satu liter air. Tuang larutan nutrisi tersebut pada box yang telah disiapkan sebelumnya dan tutup dengan styrofoam. Sebelum diletakkan sebaiknya ukur pH dan kadar nutrisi jika anda memiliki alat pengukurnya.

 

  1. Proses transplantasi

Transplantasi atau pemindahan tanaman dapat dilakukan saat bibit sudah siap dan letakkan media tanam rockwool yang telah ditumbuhi bibit pada wadah tanam atau netpot. Selanjutnya penuhi netpot dengan potongan rockwool maupun hydroton untuk menyangga batang tanaman ketika tumbuh membesar. Pastikan akar tanaman menyentuh nutrisi dan tidak seluruh bagian akar terendam air untuk mencegah pembusukan.

 

  1. Perawatan tanaman

Perawatan tanaman hidroponik khususnya bayam cukup mudah, cukup dengan menyiramnya sekali sehari dengan spray atau dengan volume air yang tidak terlalu banyak. Setelah 20 hingga 25 hari tanaman bayam dapat dipanen dan proses penanaman dapat diulangi kembali.

 

Demikian cara menanam bayam dengan metode hidroponik yang sederhana dan cukup mudah diaplikasikan. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *