Cara Memotong Rockwool Buat Media Tanam Hidroponik

Urbanina.com – Rockwool merupakan materi mineral bebatuan yang biasa digunakan untuk beragam kebutuhan. Bagi para penyuka hidroponik tentunya rockwool bukan hal yang asing lagi. Sebagaimana kita ketahui bersama budidaya tanaman dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan tanah. Nah, rockwool inilah yang berfungsi selaku media tanam yang sangat banyak dipergunakan orang. Namun bagaimana cara memotong rockwool buat media tanam hidroponik kita?

Rockwool asalnya dari keramik, kaca, atau batu (biasanya batu bara, basalt atau batu kapur yang dilelehkan pada suhu tinggi lalu dipilin menyusun serat-serat serupa seperti makanan gula kapas arum manis. Sesudah seratnya dingin maka mineral wool ini bisa dipotong-potong dimana ukurannya dapat disesuaikan dengan keinginan. Disamping menjadi media tanam, rockwool pun biasa dipergunakan untuk peredam suara, semprotan kebakaran/penyerap api dan bahan insulasi termal (penghambat panas).

Cara Memotong Rockwool Buat Media Tanam Hidroponik []

Salah satu alasan rockwool dipilih sebab tepat dan sesuai untuk seluruh jenis sayuran. Disamping itu materi rockwool memiliki sifat netral dan tidak mengandung patogen (penyakit) atau bahan kimia. Rockwool pun mempunyai kemampuan menyerap air sampai empatbelas kali kapasitas daya tampung tanah.

Rockwool dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko online. Di pasaran, rockwool umumnya masih dalam bentuk blok atau lembaran dengan ukuran panjang 1,5-2 m, sehingga sebelum Anda menggunakannya mesti dipotong-potong menjadi ukuran yang disesuaikan dengan keinginan. Untuk itulah Anda perlu mengetahui cara memotong rockwool buat media tanam hidroponik tersebut.

Bentuk rockwool sekilas benar-benar mirip seperti serabut kapas padat dan mempunyai bulu sebab dibuat dari bahan mineral batu-batuan. Makanya ketika ingin memotong rockwool ini, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Seringkali ketika pemotongan dilakukan terdapat serpihan-serpihan rockwool yang melayang-layang. Pastinya akan membahayakan bila serabut rockwool hingga terhisap sehingga sebelum memotong rockwool direkomendasikan bagi penyuka hidroponik untuk memakai penutup hidung (master).

Persiapkan gergaji besi kecil dan penggaris besi untuk memotong rockwool dan jangan mempergunakan benda tajam lainnya yang halus permukaannya sebab sulit memotongnya, bahkan rockwool bisa hancur. Pisau yang bergerigi atau gergaji kecil merupakan alat yang tepat dipakai untuk memotong rockwool.

Berikut adalah langkah dan cara memotong rockwool buat media tanam hidroponik Anda.

  • Permukaan rockwool terdiri atas 2 bagian yakni sisi bagian yang kelihatan memiliki pola dan alur serta sisi bagian lainnya yang tidak memiliki pola. Buatlah 4 garis dengan arah memanjang pada bagian rockwool yang memiliki pola memakai gergaji besi.
  • Tariklah garis lurus sampai keempat sisinya supaya membentuk petunjuk lebar rockwool yang dipotong menjadi sama, yakni berketebalan kira-kira 1,5 cm dan tanpa ada bagian yang terbuang ketika dipotong.
  • Rockwool dipotong pelanpelan secara lurus dan rata supaya debunya tidak menyebart dan tidak hancur.
  • Rockwool yang telah membentuk lembaran lalu dipotong dengan ukuran panjang dan lebarnya masing-masing 2,5 cm dan siap digunakan.

Rockwool yang telah memiliki bentuk lembaran alangkah baiknya jangan dipotong hingga benar-benar terlepas, tetapi sisakan sedikit pada bagian bawahnya supaya tetap bersatu dan relatif mudah untuk dilepaskan dengan tangan. Maksudnya untuk mempermudah penyimpanan jika tidak dipergunakan sekaligus. Disamping itu, cara inipun mempermudah pembudidaya untuk memilih bagian rockwool yang pas guna menempatkan benih.

Cara memotong rockwool buat media tanam hidroponik di atas mengajak Anda untuk mencoba bercocok tanam di rumah tanpa menggunakan media tanah. Oh iya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *